Tim Penggerak PKK Pangkep Studi Tiru PKK Remaja di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Tim Penggerak Kabupaten Pangkep memilih Kota Parepare sebagai lokasi studi tiru. Hal itu lantaran, Kota Parepare disebut sebagai satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia yang telah membentuk PKK Remaja.

Di bawah kepemimpinan Erna Rasyid Taufan, Istri Taufan Pawe, telah berhasil membentuk TP PKK Remaja di tingkat kelurahan. Hal itu pula yang menjadi daya tarik sehingga TP PKK Pangkep memilih kota bertajuk Cinta BJ Habibie ini sebagai lokasi studi tiru.

Pada kesempatan itu, TP PKK Pangkep lakukan studi tiru di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Kamis, (10/2/2022).

Sekretaris TP PKK Kabupaten Pangkep, Mustabsyrha mengatakan, studi tiru dilakukan untuk melihat program-program kerja TP PKK Parepare khususnya pada program kerja Pokja I, termasuk strategi pembentukan TP PKK Remaja.

Dalam kunjungan itu, mereka disambut Sekretaris TP PKK Kota Parepare Wahyuni Chalik dan Lurah Watang Bacukiki Nur Muhlisa beserta sejumlah Pengurus TP PKK Parepare.

“Kami ingin melihat seperti apa kegiatan-kegiatan Pokja I di khusunya TP PKK Remajanya. Itu sebenarnya tujuan utama kami datang di Kota Parepare,” jelas Mustabsyrha.

Dia mengaku terkesan dengan segala aktivitas penjemputan yang dilakukan oleh TP PKK Remaja di kelurahan tersebut, mulai dari penyambutan.

“Pertama kami turun dan disambut oleh perangkat daerah. Kami sudah mulai terkesan oleh aktivitas atau kegiatan-kegiatan TP PKK Remaja, luar biasa dan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut sehingga pada kesempatan ini, kami-betul-betul mendapatkan kesempatan memeroleh informasi dan ilmu,” ungkap dia.

Ia mengungkapkan alasan menjadikan Kota Parepare sebagai Kota tujuan studi tiru, karena Parepare khususnya Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki merupakan satu-satunya Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki TP PKK Remaja yang dinilai sangat aktif dan lengkap.

“Kami memilih Kota Parepare karena kami mendapatkan informasi bahwa Kota Parepare satu-satunya kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan,” bebernya.

Tidak hanya itu lanjut dia, Parepare beberapa tahun terakhir telah menyandang predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya, sehingga kota yang dinakhodai Wali Kota Taufan Pawe layak menjadi daerah percontohan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara, Sekretaris TP PKK Kota Parepare Wahyuni Chalik yang turut hadir menerima kunjungan tersebut mengatakan, Kelurahan Watang Bacukiki dipilih menjadi lokus studi tiru dikarenakan kelurahan tersebut yang pertama membentuk PKK remaja dan telah memiliki banyak program.

“Mereka datang di Kota Parepare untuk mengadakan studi tiru terkait masalah program Pokja I khususnya dalam bidang pembinaan pola asuh anak dan remaja di era digital. Kenapa kami menunjuk Kelurahan Watang Bacukiki sebagai kokus karena di kelurahan ini yang pertama membentuk PKK remaja, kemudian PKK remaja ini ada beberapa kegiatan atau program yang sudah dilakukan di antaranya kelompok pembinaan atau pendamping stunting kemudian ada kelompok simulasi pola asuh anak dan remaja yang telah dilakukan tadi,”ungkap Wahyuni.

Hadirnya PKK remaja di Kelurahan Watang Bacukiki kata Wahyuni, sebagai wujud sinergi antara Pengurus PKK dan pembina PKK yang ada di Kelurahan tersebut untuk membimbing PKK remaja.

Untuk diketahui, di hari yang sama, Kelurahan Watang Bacukiki juga mendapat kunjungan atau studi tiru dari Tim Penggerak PKK Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang.
(***)

  • Bagikan