Majukan Penganan Khas Daerah, BPBD Maros Perkenalkan Kereen Dekra Mart

  • Bagikan

MAROS, BACAPESAN.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros punya cara sendiri untuk memperkenalkan penganan khas kabupaten Maros.

Melalui diskusi interaktif bersama berbagai penggiat pariwisata seperti DPD ASITA Sulsel, DPD ASTINDO Sulsel, DPD HPI Sulsel, DPD Masata Sulsel, DPD ASPPI Sulsel , DPD GENPI Sulsel dan DPD GIPI Sulsel, BPBD Maros memperkenalkan salah satu pusat oleh-oleh Maros Kereen Dekra Mart.

Dalam diskusi tersebut, Sekjen DPP Masyarakat Sadar Wisata (Masata), A Aswan mengatakan, para pelaku usaha perlu melakukan terobosan tidak hanya sebagai penjual oleh-oleh tetapi menjadi objek wisata yang bisa dikunjungi.

A Aswan juga mencontohkan salah satu usaha oleh-oleh yang sukses yaitu Krisna di Bali yang memiliki strategi dalam menjalankan usaha oleh-oleh.

“Pusat oleh-oleh Maros Kereen kalau ingin berkembang dan berkelanjutan maka jangan hanya sekedar jadi tempat persinggahan saja, tetapi bagaimana menghadirkan inovasi dan strategi khusus untuk menjadikan Dekra Mart Pusat Oleh oleh Maros Kereen sebagai tempat tujuan destinasi,” ujar A Aswan.

Sejalan dengan itu, Ketua DPD ASTINDO Sulsel Nurhayat mengatakan, Dekra Mart sesungguhnya sudah sangat representatif sebagai tempat pusat oleh-oleh Maros untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik.

“Akses Maros yang memiliki Bandara sangat mungkin untuk mengembangkan usah oleh-oleh,” ujarnya.

Ketua DPD GIPI Sulsel, Suhardi juga mengatakan GIPI Sulsel yang memiliki sekitar 80 Bus Pariwisata bersama dengan beberapa komunitas bus Pariwisata di Sulawesi Selatan lainnya sangat tertarik dengan adanya Dekra Mart Pusat oleh oleh Maros.

“Selama ini ketika para tamu ingin membeli oleh-oleh maka mereka dibawa ke Jalan Sombaopu Makassar. Namun dengan hadirnya Dekra Mart Pusat oleh oleh Maros maka ada pilihan lain bagi wisatawan,” pungkasnya.

Bupati Maros, Haidir Syam yang ikut meramaikan diskusi interaktif tersebut mengaku sangat senang dengan hadirnya seluruh asosiasi penggiat Pariwisata Sulawesi Selatan dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh BPPD Maros dalam menghadirkan Kolaborasi dan sinergitas oleh seluruh penggiat Pariwisata demi kemajuan dan keberlanjutan masa depan Pariwisata Maros. (*)

  • Bagikan