Harga Sembako Naik

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan termasuk harga gas non subsidi menjelang Ramadan. Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Ashari Fakhrisie Radjamilo membenarkan adanya kenaikan harga bahan pokok. Namun, dirinya menegaskan kenaikan harga tersebut tidak signifikan.

Ashari menjelaskan ada beberapa bahan pokok yang merangkak naik diantaranya harga minyak goreng, ayam, cabai keriting dan cabai biasa.

Daging sapi kisaran harga Rp100-110 ribu. Adapun ayam mengalami sekitar Rp1.600 dari harga awal Rp26 ribu ke Rp27.667 per kilo.

“Saya sampaikan juga cabai keriting dan cabai biasa ada kenaikan sampai Rp 3.000 hingga Rp 4.000 per kilo nya,” kata Ashari.

Melihat kondisi tersebut, Ashari mengatakan pihaknya berencana akan melakukan rapat koordinasi dua minggu kedepan terkait harga dan ketersediaan ppangan menjelang ramadhan bersama Tim Satgas Pangan Polda, KPPU dan mengundang beberapa OPD terkait seluruh kabupaten/kota di Sulsel.

Pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan hingga saat ini harga kebutuhan bahan pokok di Sulsel masih terkontrol. “Memang ada beberapa yang naik tapi tidak signifikan,” ujar dia.

Menurut Sudirman, pihaknya akan terus mengontrol serta menjaga ke stabilan harga bahan pokok dipasaran menjelang Ramadan.

Sudirman mengatakan, apabila kenaikan sembako tidak dapat dikendalikan, maka pihaknya akan berupa melakukan operasi pasar.

Sudirman mengaku telah melakukan koordinasi dengan beberapa stake holder dan pihak-pihak terkait untuk membantu menjaga kestabilan harga bahan pokok.

Tak hanya itu, dia juga menyebut telah mempersiapkan langkah-langkah strategis lainya.

“Kami akan melakukan kegiatan-kegiatan yang membangkitkan ekonomi masyarakat,” imbuh dia. (E)

  • Bagikan