Razia Gabungan di Kamar Warga Binaan Lapas Kelas IIA Parepare, Tidak Ada Temuan Narkotika

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare, Sulawesi Selatan, mendadak melakukan razia kamar hunian warga binaan.

Sebelum pelaksanaan razia, digelar apel bersama dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIA Parepare dan pemberian arahan oleh Kabag Ops Polres Parepare.

Razia dimulai dengan pemeriksaan badan. Satu per satu warga binaan diminta ke luar dari ruangannya dan diperiksa seluruh badan. Setelahnya, setiap sudut ruang kamar warga binaan diperiksa untuk mencari barang-barang terlarang atau narkoba.

Kepala Lapas Kelas IIA Kota Parepare, Zainuddin menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 yang juga serentak dilaksanakan Lapas atau Rutan di seluruh wilayah Indonesia.

“Ini komitmen kita untuk memberantas peredaran narkoba, peredaran telepon genggam dan barang yang dilarang masuk ke dalam hunian warga binaan,”jelasnya.

Zainuddin menuturkan, aksi bersih-bersih itu melibatkan jajaran Lapas Kelas IIA Parepare, personel TNI dan Polri sebagai wujud sinergitas dengan aparat penegak hukum untuk deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban menuju Lapas bersih, aman, dan tertib.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Parepare, AKP Burhanuddin, mengungkapkan, target razia yakni kepemilikan barang-barang terlarang seperti narkoba, serta benda tajam, dan handphone.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan narkoba. Begitu juga kepemilikan handphone tidak ditemukan. Hanya saja beberapa barang yang diamankan itu adalah yang dapat membahayakan keselamatan sesama warga binaan,” ungkapnya.
(***)

  • Bagikan