Dishub Makassar Sarankan Tak Pakai Kendaraan Pribadi saat Mudik

  • Bagikan

Menurut pendapat Iman Hud, mudik menggunakan bus lebih aman. Pasalnya, sebelum berangkat, setiap bus di terminal Kota Makassar akan diperiksa terlebih dahulu atau dilakukan ramp check.

“Saat ramp check, kita melakukan pengecekan cepat secara visual,” kata Iman Hud.

Hal yang diperiksa saat ramp check di antaranya administrasi dan teknis. Pemeriksaan secara administrasi seperti kelengkapan SIM, STNK, dan berkas lain yang dibutuhkan.

Yang paling penting untuk keselamatan, kata Iman Hud, adalah pemeriksaan teknis kendaraan. Pemeriksaan utama pada kendaraan di antaranya kondisi ban, mesin, klakson, rem, lampu, termasuk wiper dan kaca spion.

Selain itu, pihak Dishub Makassar juga melakukan pemeriksaan penunjang penumpang, seperti letak kursi dan kondisi kendaraan di dalam kabin. “Jadi kita periksa satu mobil itu sampai 20 menit,” katanya.

Dari 10 hari yang lalu, kendaraan yang diperiksa Dishub Makassar rata-rata 70-80 kendaraan. Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 18.00 Wita sampai pukul 22.00 wita.

“Nah pemeriksaan seperti itu yang jarang dilakukan jika menggunakan kendaraan pribadi. Kalau bus, paling tidak terjaminlah keselamatan karena diperiksa sebelum berangkat,” tambahnya.

Imam Hud meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama mudik. “Kalau ngantuk, istirahat di pos pemberhentian. Terakhir, patuhi aturan lalu lintas,” tutup Imam.

  • Bagikan