David De Gea, Kiper Berprestasi Jebolan Akademi Atletico Madrid

  • Bagikan
(David De Gea) Penjaga Gawang Nomor Satu Manchester United

Kedatangannya di Manchester United

Berkat kepiawaiannya di bawah garis mistar, membuat manager Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson berniat memboyong De Gea ke Old Trafford. Di musim panas 2011, David De Gea resmi berseragam Manchester United dengan biaya transfer £18.5 juta untuk menggantikan posisi kiper legendaris mereka yang pensiun, Edwin Van Der Sar.

De Gea menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun, dengan bandrol biaya  transfer yang sangat tinggi, menjadikannya salah satu kiper termahal se Inggris Raya kala itu. Bahkan,  sampai menyaingi rekor transfer sebelumnya, Craig Gordon yang dibeli Sunderland seharga £9 juta. De Gea  melakoni debut di Manchester United diselesaikannya dengan baik dan berhasil membawa klub barunya menjuarai ajang Community Shield 2011 mengalahkan Manchester City.

Di  Manchester United, De Gea kerap disejajarkan dengan kiper kelas dunia seperti Manuel Neuer dan Thibaut Courtois karena penampilan impresifnya mengawal gawang. Ia  juga digadang gadang akan mampu melanjutkan kiprah kiper legenda setan merah seperti Peter Schmeichel dan Edwin Van Der Sar.

Meski performanya naik turun beberapa musim lalu, Penjaga gawang Manchester United itu mengaku menikmati performanya musim ini. Terbukti De Gea musim ini, kembali menjadi kiper utama Manchester United. Setelah pada musim sebelumnya, Dean Henderson sempat menggusur posisinya. Kiper Timnas Spanyol itu dapat dikatakan penampilannya musim ini cukup  mengesankan. Ia  banyak membuat penyelamatan krusial yang menyelamatkan Setan Merah dari kekalahan.

Capaian Satu Dekade Bersama Manchester United

Selama satu dekade bermain bersama United di semua kompetisi, De Gea telah mencatatkan permainan sebanyak  412 dengan rincian 218 kemenangan, 89 imbang, dan 93 menelan kalah. Sepanjang penampilan tersebut De Gea tercatat 412 kali kebobolan dan 141 clean sheet dan berhasil membantu United meraih beberapa gelar prestisius di antaranya  3x English Super Cup Winner, 1x Gelar Fa Cup, 1x Europa League, 1x English Premier League, 1x English League Cup Winner.

Sementara di level tim nasional Spanyol, sejak awal De Gea juga membantu tim U17 Spanyol memenangkan European Championship 2007, dan finis di urutan kedua di World Cup 2007. Tiga tahun berselang tepatnya di 2011 ia jadi  bagian penting dari tim U-21 Spanyol yang sukses  menjuarai European Championship 2011.

  • Bagikan

Exit mobile version