Bupati Bone dan Baznas Bone Sasar Daerah Terpencil, Ini Kegiatannya

  • Bagikan
Bupati Bone DR H Andi Fahsar M Padjalangi, Ketua Baznas Kabupaten Bone, Drs H Zainal Abidin didampingi Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Bone Farida Hanafing, ST bersama rombongan berbagi kasih di salah satu daerah terpencil di Kabupaten Bone, yakni di Desa Watangcani Kecamatan Bontocani.

BONE, BACAPESAN.COM – Sejak memiliki kepengurusan di Kabupaten Bone pada Juni 2017 lalu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus bergerak memberi bantuan sosial kemanusiaan.

Seperti baru-baru ini, Baznas Kabupaten Bone kembali berbagi dengan warga. Kali ini, bersama Bupati Bone DR H Andi Fahsar M Padjalangi, Ketua Baznas Kabupaten Bone, Drs H Zainal Abidin didampingi Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Bone Farida Hanafing, ST bersama rombongan berbagi kasih di salah satu daerah terpencil di Kabupaten Bone, yakni di Desa Watangcani Kecamatan Bontocani.

Di salah satu daerah penghasil madu di Kabupaten Bone ini, Bupati Bone dan Ketua Baznas Kabupaten Bone menyalurkan bantuan lewat lima (5) program bantuan yang disiapkan oleh BAZNAS yaitu program kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, ekonomi serta dakwah dan advokasi.

Untuk sampai di Kecamatan Bontocani tidaklah gampang sebab medan jalan menuju lokasi lumayan berat karena wilayah pegunungan dengan jalan sempit dan belum semua jalan kondisi baik tidak mengurangi kegembiraan untuk bisa segera tiba di lokasi.

Namun menurut Farida Hanafing, Medan yang sulit bukan jadi penghalang bahkan memompa motivasi atau semangat apalagi kegiatan penyerahan bantuan kali ini sangat spesial sebab langsung diserahkan oleh Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si kepada penerima.

Adapun bantuan yang diberikan yaitu konsumtif berupa beras dan sembako ke 102 orang, bantuan usaha produktif yang diterima oleh 5 orang dan 19 orang penerima bantuan dari Marbot masjid untuk Desa Marbot Masjid untuk Desa Watangcani dan Mattiro Walie.

“Selain itu, ada juga bantuan pembangunan musholla sebesar Rp 5 juta, bantuan anak stunting, bantuan 20 karpet masjid dan 10 buah Al-Qur’an untuk masjid di Desa Watangcani,” ujar Farida Hanafing, Senin (6/6/2022).

“Ada pula Lomba menggambar bebas untuk anak usia TK, SD kelas 1 – 3, SD kelas 4 – 6 di mana BAZNAS menyiapkan buku gambar dan pensil warna kepada seluruh peserta dan boleh dibawa pulang setelah lomba. Dengan hadiah tas sekolah, Al Qur’an, buku cerita anak, buku tuntunan sholat lengkap, buku Iqra,” tambahnya lagi.

Lanjutnya, pada kegiatan lomba menggambar bebas, warga bisa puas menyaksikan Bupati Bone dari dekat sebab beliau betul-betul meluangkan waktu untuk bisa dekat dengan warga terutama seluruh peserta lomba. Banyak kalimat motivasi dari beliau untuk anak-anak. Terutama memiliki impian hidup yang tinggi dan Insya Allah semua bisa diraih dengan tekad yang bulat dan tentunya senantiasa memohon kepada Allah.

“Dan anak-anak peserta lomba tidak hanya mendapatkan banyak hadiah dari BAZNAS, tapi juga langsung dari Bupati Bone yang banyak mengeluarkan hadiah lembaran 100 ribu rupiah dan di akhir sesi menggambar seluruh peserta kembali mendapatkan hadiah masing-masing 50 ribu rupiah lagi,” tutur Farida Hanafing.

“Kami dari BAZNAS bersyukur bisa selalu disambut dengan gembira oleh pemerintah wilayah baik Camat bersama ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan jajarannya juga Kepala Desa dan ibu bersama seluruh warga.
Danramil, Kapolsek dan KUA bersama anggota-anggota yang selama ini senantiasa bersinergi dengan BAZNAS terutama dalam penyaluran bantuan,” tuturnya lagi.

Kegiatan pemberian bantuan dipusatkan di bumi perkemahan yang sebelumnya adalah lokasi persawahan yang baru saja panen sehingga masih banyak jerami kering sebagai alas tidur dibali tikar plastik kami.

Ia menambahkan, suara air mengalir dari sungai di sebelah tenda membuat kami betah berlama-lama di lokasi. Sepanjang mata memandang ada pegunungan hijau, awan bergelantungan dan ketika malam hari puas menatap bintang yang bertebaran dengan jumlah tak terhitung.

“Semoga bisa kembali lagi menikmati pemandangan alam karunia Ilahi yang tidak banyak tempat bisa seperti ini. Dengan makanan khas yang semua enak rasanya,” ujarnya.

“Kepada seluruh muzaki/munfik yang telah tunaikan zakat/infak di BAZNAS Kab. Bone, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya selama ini. Amanah terus disampaikan sampai ke pelosok dusun di 27 kecamatan. Semoga berkah selalu untuk kita semua,” pungkas Farida Hanafing.

Sementara itu Bupati Bone menyampaikan kepada penerima bahwa bantuan yang diserahkan adalah bentuk kepedulian dari pemerintah dan BAZNAS, jadi jangan dilihat dari nilainya tapi betapa besar perhatian dari BAZNAS telah mengusahakan ke Desa Watangcani yang letaknya sangat jauh sebab berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Gowa. (*)

  • Bagikan