Geger Masalah Rendang Babi, Ini 4 Fakta Tentang Menu Rendang yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
ILUSTRASI rendang

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Baru-baru ini publik digegerkan dengan salah satu menu makanan yang dibuat oleh restoran online di wilayah Jakarta. Bukan tanpa alasan, pasalnya restoran online Babiambo ini membuat menu rendang babi.

Sempat membuat publik geram, khususnya warga masyarakat Minang, sang pemilik restoran online akhirnya sempat diamankan oleh pihak kepolisian untuk dimintai keterangan.

Sergio, pemilik restoran online Babiambo mengatakan bahwa dirinya tidak ada maksud untuk melecehkan hidangan rendang khas Sumatra Barat.

“Saya mau minta maaf yang sebesar-besarnya. Pertama buat pihak-pihak yang merasa tersinggung karena ini, soalnya benar-benar enggak ada maksud untuk menyinggung,” kata Sergio saat ditemui wartawan di kediamannya di Jakarta Utara, Jumat (10/4/2022).

Dia tidak menyangka usaha yang dia pasarkan di salah satu aplikasi ojek online menyebabkan kegaduhan.

“Karena keterbatasan knowledge kita juga, kalau ternyata ini akan menyinggung ke arah sana, saya menyesal banget, kalau tahu dari awal bakal begini tidak akan kita lakuin,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemilihan rendang olahan babi di usahanya, karena kegemarannya terhadap masakan Padang.

“Saya pribadi suka bangat sama masakan Padang, seminggu minimal sekali saking cintanya,” kata dia.

Terlepas dari kontroversi rendang babi, kali ini kami akan mengajak Anda untuk menilik langsung sejumlah fakta tentang rendang yang masih jarang diketahui.

  1. Diklaim jadi makanan paling enak sedunia

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, rendang ternyata sempat menyabet predikat makanan paling enak nomor satu dunia lo.

Ya, pada tahun 2017 lalu pembaca internasional CNN dalam World Best Food Reader Choice menobatkan rendang daging sapi sebagai makanan paling enak. Wah, kalian juga pasti setuju dengan mereka kan?

  1. Dulu hanya dihidangkan untuk kaum bangsawan

Tak banyak yang tahu jika rendang sejak zaman dahulu menjadi salah satu makanan mewah.

Saking mewahnya, rendang biasanya dulu hanya dihidangkan untuk kaum bangsawan yang menempuh perjalanan jauh.

Alasannya tentu saja proses memasak dan juga harga bahan baku pembuatannya yang mahal membuat rendang ini digilongkan menjadi makanan mewah pada zaman dahulu.

  1. Bisa disimpan dalam waktu yang lama

Menegaskan fakta sebelumnya, rendang sendiri tergolong makanan yang awet karena masa simpannya cukup lama.

Rendang sendiri diklaim bisa bertahan selama 3 hingga 4 minggu jika disimpan pada suhu ruang.

Bahkan, jika diproses dan disimpan dengan baik serta bahan bakunya dipilih yang berkualitas tinggi, rendang dapat bertahan hingga waktu 3 bulan.

  1. Berasal dari pegunungan

Merupakan warisan budaya yang begitu berharga, rendang ternyata disebut berasal dari wilayah pegunungan di Sumatra Barat.

Awalnya, rendang dibuat di daerah Pariangan dan Padang, kemudian terkenal dan menyebar ke seluruh daerah di Indonesia. (int/*)

  • Bagikan