Pastikan Kenyamanan Berbelanja, Dinas Perdagangan Pangkep Lakukan Tera Ulang Timbangan Pedagang Pasar

  • Bagikan

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Pangkep melakukan pengecekan dan tera ulang alat ukur timbangan para pedagang di sejumlah Pasar di kabupaten Pangkep, al hasil banyak timbangan pedagang yang tidak sesuai.

Staf Metrologi Dinas Perdagangan kabupaten Pangkep, Julia menjelaskan jika tera ulang timbangan ini dilakukan untuk memastikan konsumen berbelanja kebutuhan dengan aman dan nyaman. Hanya saja banyak pedagang yang tidak taat dan menganggap sepele tera ulang timbangan.

“Masih ada pedagang yang tidak taat, pedagang banyak yang bandel bahkan tidak peduli dengan panggilan tera ulang dari kami,” ujar Julia yang ditemui di Pasar Pangkajene, Selasa (14/6/2022).

Dari hasil sidak tera yang dilakukan, tim metrologi dinas perdagangan telah mengamankan puluhan timbangan tidak layak pakai.

“Ada 19 pasar yang kita rencana datangi, dan saat ini sudah puluhan timbangan pedagang yang kita amankan sementara, karena takutnya dipakai terus menerus,” tambah Julia.

Tera ulang timbangan pedagang pasar ini juga bertujuan untuk melihat kembali kalibrasi timbangan milik para pedagang setelah pemakaian kurang lebih satu tahun.

Tera pasar yang digelar bukan untuk melihat ada tidaknya pedagang yang berbuat curang. Tetapi, juga lebih kepada perbaikan timbangan milik pedagang yang tidak standar untuk kemudian diperbaiki oleh petugas.

“Kalau ditemukan timbangan yang tidak standar itu kita sebisa mungkin perbaiki, sehingga bisa dipergunakan kembali oleh para pedagang,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan