Andi Luhur: Prof Zakir Meletakkan Benchmark Kecendekiawanan Kaum Muda

  • Bagikan
Pengukuhan Guru Besar bidang Teknik Kimia FTI UMI oleh Prof. Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, ST, MT, IPM, ASEAN Eng, resmi menyandang status guru besar di kampus tersebut.

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Pengukuhan Guru Besar bidang Teknik Kimia FTI UMI oleh Prof. Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, ST, MT, IPM, ASEAN Eng, resmi menyandang status guru besar di kampus tersebut.

Andi Luhur Prianto selaku sesama akademiai, meskipun beda kampus. Dia menilai sosok Zakir merupakan kebanggaan akedimisi muda, khususnya akademisi kampus-kampus di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, Zakir yang pernah menjabat dekan FTU UMI dua periode telah membangun benchmark untuk pencapaian akademik dan kepemimpinan.

“Determinasi kepemimpinan dan kerja berjejaringnya di FTI UMI menggema di seluruh penjuru. Beliau pun sangat supportif pada pengembangan institusi yang bersifat lintas kampus,” kata Luhur, Rabu (29/6/2022).

Wakil dekan I Fisip Unismuh Makassar itu menyebutkan. Kiprah akademik dan kecendekiawanan Prof. Zakir memberi keteladanan bagi akademisi muda. Pencapaian akademik tertinggi sejalan dengan aksi-aksi kepedulian sosialnya.

Ia membumikan kecendekiawanan bukan hanya soal pencapaian akademik, tapi juga kepedulian sosial. Beberapa aksi kepedulian bencana bersama mahasiswa yg dipimpinnya, menjadi garda terdepan aksi tanggap darurat bencana.

“Dengan pencapaian tertinggi secara akademik, Prof. Zakir hanya perlu terus melanjutkan pengabdian pada perkembangan ilmu pengetahuan. Apalagi kepakaran beliau termasuk langka dan spesifik,” tururnya.

Selain itu, lanjut Abdi Luhu. Kerja akademik saja tidak cukup, ia akan terus gelisah dengan berbagai masalah yg dihadapi daerah dan bangsa ini. Modal sosialnya pada aksi-aksi sosial kemanusiaan akan menjadi basis, pada medan pengabdian yang lebih luas.

‘Selamat Kanda Prof. Zakir Sabara dan keluarga, sukses untuk pencapaian-pencapaian berikutnya. Semoga Allah SWT selalu memberi kemudahan dan perlindungan,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan