Kompres Air Dingin atau Air Hangat untuk Turunkan Demam? Simak Faktanya

  • Bagikan
ILUSTRASI demam

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Sejak dahulu, kita diberi tahu bahwa mengkompres kepala adalah salah satu cara untuk menurunkan demam.

Namun yang jadi masalah adalah, jenis air apa yang harusnya digunakan orang untuk mengkompres orang yang demam.

Apakah air hangat atau air dingin, mengingat kondisi orang demam adalah tubuh dengan suhu yang tinggi?

Menurut dokter spesialis anak dr. Devi Kristiani, Sp.A, kompres yang digunakan untuk menurunkan demam adalah kompres air hangat.

“Kalau demam, yang betul adalah kompres air hangat karena pori-pori di permukaan kulit akan membuka dan pembuluh darah akan melebar mengeluarkan panasnya,” kata dr. Devi dalam sebuah pernyataan.

Hal itu disampaikan dr. Devi Kritiani, Sp.A, dalam diskusi media secara online bertajuk “Lifebouy X Halodoc” di Jakarta.

Ia menjelaskan, apa yang terjadi ketika orang menggunakan air dingin untuk mengkompresi orang demam, adalah menutupnya pori-pori dan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah.

“Air dingin bikin pembuluh darah menyempit dan pori-pori nutup, ini yang akan menambah suhu tubuh makin panas di dalam,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam upaya mengobati demam secara mandiri di rumah, tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, apalagi jika obat-obatan yang digunakan membutuhkan resep dokter.

“Yang penting pemilihan obatnya, apalagi memberi antibiotik tanpa resep. Bila kondisi tidak membaik dalam dua hari, harus cari tahu ke tenaga medis,” jelasnya.

Apakah Orang Demam Boleh Mandi?

Jadi pertanyaannya, apa orang demam boleh mandi dan apakah mandi dapat memperburuk kondisi atau membuatnya jadi lebih baik?

Jawabnya menurut ahli, via KlikDokter, adalah bahwa tidak ada larangan bagi orang demam untuk mandi.

Akan tetapi ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi, jika orang demam ingin mandi. Berikut ini yang perlu diperhatikan sebelum mandi saat sedang demam:

  1. Pastikan tubuh Anda tidak lemas dan bisa berdiri di sepanjang waktu Anda mandi.
  2. Hindari mandi dengan air dingin. Pastikan suhu yang digunakan cukup hangat untuk tubuh.
  3. Jangan mandi terlalu lama, 10-15 menit adalah waktu yang paling dianjurkan.
  4. Jangan lupa gosok gigi, hal ini untuk mencegaj perburukan demam yang disebabkan infeksi di area mulut dan tenggorokan. (fin/*)
  • Bagikan