Amran Mahmud Ajak Seluruh Elemen Kerukunan Keluarga Wajo Kolaborasi Bangun Daerah

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengajak seluruh elemen Kerukunan Keluarga Wajo (KKW) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo dalam membangun daerah yang amanah, maju, dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Amran Mahmud saat menghadiri pengukuhan Badan Pengurus Pusat (BPP) KKW masa bakti 2022-2027 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Ini sesuai dengan visi misinya bersama Wakil Bupati Wajo, Amran, yakni Pemerintah Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera (Pammase), yang terus digelorakan hingga tahun keempat masa jabatannya.

“Untuk mencapainya tentu tidak mudah. Di samping butuh kepemimpinan yang kuat dan berkarakter, pemerintahan juga membutuhkan kerja sama dan kolaborasi yang intens dari semua stakeholder pembangunan. Termasuk dukungan Legislator, birokrasi, pers, ormas, LSM, swasta, lebih-lebih masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi,” kata Amran Mahmud.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo ini menekankan bahwa salah satu kunci yang dibutuhkan untuk pembangunan adalah kerja sama dan kolaborasi. Dengan kolaborasi, kata dia, kekurangan dapat terkaver kelebihan yang dimiliki orang lain, begitupun sebaliknya.

“Kata kuncinya adalah kolaborasi. Di era disrupsi ini, tidak ada lagi tempat untuk praktik one man show. Setiap orang di dalam organisasi atau di komunitas harus bekerja sama, bergandengan tangan, dan bahu-membahu, untuk mencapai tujuan-tujuan mulia yang hendak kita capai,” terangnya.

Amran Mahmud mencontohkan kolaborasi yaitu melalui Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris (AYP) yang hadir pada kesempatan tersebut, yang memperjuangkan dan mengaspirasikan berbagai bantuan untuk masyarakat Wajo kepada Pemerintah Pusat, misalnya jaringan gas rumah tangga, mesin perahu dan mesin pompa air dengan converter bbm ke bbg, pjuts, beasiswa dan bantuan lainnya. “Kami ucapkan terima kasih atas kolaborasi yang telah terjalin selama ini, juga kepada seluruh pihak lainnya yang telah berkolaborasi,” ucapnya.

Selain kolaborasi, lanjutnya, pemerintah daerah juga membutuhkan aspirasi dari masyarakat untuk diolah dan diinternalisasikan dalam pembangunan daerah. “Kami yakin, banyak ide, gagasan, atau saran yang berkualitas dari masyarakat yang dapat menjadi data dan informasi bagi pemerintah daerah untuk membangun kampung kita,” tutur kepala daerah bergelar doktor ini.

Amran Mahmud pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi ke BPP KKW, khususnya penyelenggara pengukuhan, yang telah memberikan kesempatan memberikan sambutan atas nama Pemkab Wajo dalam acara yang menurutnya bersejarah ini.

“Kami ucapkan selamat kepada Ketua Umum dan seluruh BPP KKW yang telah dilantik. Semoga amanah dalam menjalankan pengabdian,” harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Amran Mahmud juga mengajak dan meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Wajo, khususnya yang telah sukses di daerah maupun di rantau, untuk turut mendukung pembangunan Masjid Cantik yang akan dibangun di pinggir Sungai Walannae, Kecamatan Tempe.

Sementara, Ketua Umum BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Muchlis Patahna, mengajak kepada seluruh pilar dan unsur KKSS, termasuk BPP KKW, untuk terus bersemangat merawat harmoni dan persatuan.

“Kita berharap bagaimana persatuan kita dalam KKSS ini bisa terus terjaga. Jangan terlibat politik praktis dengan mengatasnamakan KKSS ataupun pilar dan unsur lain dari KKSS,” kata Muchlis.

Ketua Umum BPP KKW, Hasanuddin Massaile, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tamu yang telah memenuhi undangan dari BPP KKW. “Perkenankan kami menyampaikan terima kasih kepada Anggota Komisi VII DPR RI, Bapak Bupati dan Ibu, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Wajo, Ketua KKSS serta seluruh undangan yang berkenan hadir pada kesempatan hari ini,” ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Anggota DPRD Komisi VII RI, Andi Yuliani Paris (AYP), Ketua DPRD Kabupaten Wajo bersama Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Para Kepala OPD, Ketua TP. PKK Kab Wajo, unsur Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKW se-Indonesia, Unsur KKSS, pimpinan organisasi, pengurus Laskar Bugis Makassar, serta para tokoh dari seluruh pelosok Nusantara maupun undangan lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, turut menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan pengurus BPP KKW masa bakti 2022-2027 melalui video. (*)

  • Bagikan