Kada Pasang Badan Untuk Anies

  • Bagikan
Anies Baswedan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepala daerah (Kada) yang berstatus sebagai kader NasDem siap pasang badan memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto siap menjalankan instruksi partai untuk memenangkan Anies Baswedan. “Sebagai kader NaDem, saya ikut partai memenangkan siapa saja diusung di Pilpres. Termasuk pak Anies,” kata Danny, Minggu (9/10/2022).

Danny menegaskan, ia mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam kapasitasnya sebagai kader NasDem. Sebagai Wali Kota Makassar, ia tentu akan menerima semua aspirasi masyarakat siapapun kandidatnya.

“Bedakan saya sebagai wali kota, bedakan saya sebagai kader NaDem. Sebagai wali kota semua saya terima di kota ini. Tetapi sebagai kader jelas ikut aturan partai,” jelas dia.

Wali Kota Palopo, Judas Amir juga mengaku siap menjalankan instruksi partai. Pihaknya kata Judas siap memenangkan Anies di Kota Palopo.

“Saya sebagai kader NasDem Palopo siap memenangkan Capres usungan NasDem, Pak Anies Baswedan sudah deal kan,” kata Judas Amir.

Ditegaskan Judas Amir, jajaran Partai NasDem Palopo siap menjalankan titah DPP soal pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Maka sebagai pimpinan dari NasDem Palopo siap bekerja dan siap menjalankan perintah yang sudah diberikan DPP.

“Artinya selama ini kita terus bekerja, tapi memang kami selalu menunggu siapa yang diusung oleh NasDem,” tegas wali kota dua periode itu.

Hal pertama yang akan dilakukan oleh Judas Amir adalah mengkonsolidasikan internal NasDem Kota Palopo, sehingga para kader bisa menyampaikan pesan bahwa Anies telah diusung oleh Partai NasDem.

“Kami akan konsolidasi internal dulu untuk menyatakan apa yang sudah dinyatakan oleh DPP dan setelah itu kita akan mulai menyuarakan dan menyampaikan ke masyarakat tentang pencalonan presiden ini,” terangnya.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Pangkep juga berkomitmen memenangkan Anies Baswedan.

Ketua NasDem Pangkep yang juga Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau mengaku siap all out memenangkan calon presiden usungan partainya.

“Sudah menjadi kewajiban kader NasDem menangkan Anies. Sejak diputuskan, ini sudah menjadi perintah partai, jadi saya bersama kader Pangkep, harus all out memenangkannya,” tegasnya.

Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir siap mendukung penuh usungan Partai NasDem di Pilpres 2024. “Pak Anies adalah sosok yang rendah hati, ramah, bersahabat dan figur yang toleran, insya Allah menjadi bapak pemersatu bangsa,” ujarnya.

Ia juga menegaskan DPD NasDem Jeneponto akan terus konsisten dan mendukung kewenangan pusat. “Kami tegak lurus sesuai perintah partai, apapun yang partai telah putuskan maka kami akan berusaha maksimal,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Enrekang, Asman menegaskan langsung tancap gas mensosialisasikan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

“Partai sudah umumkan pak Anies capres, kita di Enrekang menyatakan siap dan langsung bergerak sampai pelosok-pelosok desa untuk mensosialisasikan keputusan ini,” jelas Asman.

Ketua DPD NasDem Enrekang ini meminta pengurus, kader dan simpatisan NasDem Enrekang untuk memperkuat barisan, dan terus solid mendongkrak kekuatan elektoral Anies. “Ini perintah sigatnya wajib. Kader NasDem akan andil promosikan Anies ke penjuru Sulsel,” pungkasnya.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sukri Tamma mengungkapkan, Anies Baswedan berpeluang meraih simpati mayoritas pemilih di Sulawesi Selatan (Sulsel) jika mampu menjadi representasi kelompok non-Jokowi.

“Berkaca pada hasil Pilpres 2019 di Sulsel, Jokowi tidak mendapat suara mayoritas atau kalah dari pesaingnya,” katanya.

Sukri menuturkan NasDem saat ini punya kekuatan politik cukup besar di Sulsel. NasDem saat ini masuk jajaran 3 partai besar dan berpengaruh di Sulsel. Kader-kadernya banyak yang menempati posisi sebagai kepala daerah maupun pimpinan di DPRD kabupaten/kota.

“Sehingga kalau NasDem sudah mendeklarasikan (Anies), saya kira itu merupakan gayung bersambut dan akan disosialisasikan ke daerah-daerah karena potensi dukungan besar karena indikasi kursi di DPRD dari NasDem cukup banyak,” tukasnya.

Manager strategi dan operasional lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam menilai, gerak cepat NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan tentu sebuah langkah yang terukur dan melalui pertimbangan yang matang. “Anies merupakan figur Capres yang selalu masuk tiga besar di setiap survei,” jelasnya.

“Sangat mungkin NasDem akan berkoalisi dengan PKS dan Demokrat. Anies akan sangat terbantu dengan infrastruktur NasDem yang akan bekerja di daerah-daerah,” katanya. (*)

  • Bagikan