Pemain Bola Basket Wanita: ‘Wajah Saya Diludahi Karena Warna Kulit Saya’

  • Bagikan
Sarah Chan adalah perekrut untuk Toronto Raptors, salah satu tim di NBA

MAKASSAR-BACAPESAN.CO.ID- Karier pramuka bola basket Sarah Chan telah membawanya ke seluruh dunia, dari Sudan hingga Kenya, Eropa, dan AS – tetapi dia harus menghadapi perang, rasisme, dan kekerasan berbasis gender di sepanjang jalan.

“Wajah saya diludahi karena warna kulit saya,” kata mantan pemain bola basket profesional itu.

“Saya telah mengalami rasisme lebih dari yang saya inginkan.”

Sekarang wanita pertama yang mengelola kepanduan Afrika untuk tim di NBA – liga bola basket profesional top dunia – Ms Chan menginspirasi generasi baru anak muda untuk mencari peluang dalam olahraga.

“Bola basket menerangi jalan saya ke tempat saya hari ini. Itu adalah segalanya,” kata Ms Chan, yang ditampilkan dalam daftar wanita inspiratif dan berpengaruh BBC 100 Women tahun ini.

Dia dan keluarganya tinggal di Khartoum selama Perang Saudara Sudan kedua. Ada beberapa upaya untuk menangkap ayahnya dan dia ingat sering terbangun di malam hari oleh suara-suara di luar rumah mereka.

Akhirnya mereka melarikan diri, berharap menemukan kehidupan yang lebih aman dan pendidikan yang lebih baik di Kenya.

“Itu adalah tempat pertama kami benar-benar dapat menikmati hak untuk berolahraga, karena di Sudan [bermain] olahraga dan melihat seorang gadis atau wanita bercelana pendek adalah hal yang tabu,” kata Ms Chan.

Di sinilah kecintaannya pada bola basket akan muncul. Dia ingat percakapan yang membuatnya dan saudara perempuannya bermain olahraga untuk pertama kalinya.

“Saya ingat menjadi salah satu anak tertinggi di sekolah di Kenya dan kepala sekolah kami mendekati kami dan bertanya apakah kami bisa bermain.

“Dan pada saat itu, sejujurnya, pikiran saya tidak ada di sana. Jadi saya berkata, dengan segala hormat saya tidak ingin bergabung – dan karena itu, dia segera mewajibkan olahraga.”

Setelah bertahun-tahun pelatihan, dia melanjutkan untuk mendapatkan beasiswa bola basket sarjana empat tahun di Universitas Union, di Jackson, Tennessee, di AS. Selama 14 tahun karir bermain, dia berkompetisi secara profesional di Eropa dan di seluruh Afrika.

“Melalui bola basket kamu menyentuh begitu banyak hati. Bola basket mengubah hidup,” katanya.

Tapi Ms Chan juga menghadapi rasisme dalam olahraga – termasuk insiden yang dia katakan terjadi ketika dia bepergian ke Aljazair, dengan rekan satu timnya dan diludahi oleh seorang pria.

“Tanpa dasar dari apa yang keluarga saya tanamkan dalam diri saya, saya tidak akan mampu menahan semua itu,” katanya.

“Tepat sebelum saya meninggalkan rumah, ayah dan ibu saya berkata, ‘Kamu cantik apa adanya.'”

Ketika dia melakukan perjalanan pertamanya kembali ke Sudan Selatan pada tahun 2012, Chan menyaksikan ketidakadilan terhadap perempuan, termasuk pernikahan dini dan pernikahan paksa.

“Pada usia 18 tahun Anda diharapkan mulai mencari jodoh,” katanya.

Anak perempuan dipaksa untuk memilih apakah akan tetap bersekolah “atau mendapatkan bantuan keuangan dari pria yang mungkin dipilihkan keluarga untuk Anda”, jelasnya.

“Aku menangis terlalu lama.

Itu sampai pada titik di mana saya selesai menangis dan saya perlu mencari tahu apa yang bisa saya lakukan untuk berkontribusi dalam memperbaiki beberapa hal.”

Maka Ms Chan memulai Home At Home/Apediet Foundation, sebuah badan amal pendampingan untuk memerangi perkawinan anak dan mengadvokasi pendidikan dan olahraga.

Dia ingat saat dia menonton pertandingan ketika seorang gadis datang untuk duduk di sebelahnya di bangku cadangan.

“Dia bahkan bukan pemain bola basket, dia hanya anak-anak biasa yang datang ke pengadilan dan mulai membuka diri kepada saya dan menceritakan kisah memilukan tentang bagaimana dia diperkosa malam sebelumnya,” katanya.

“Dan itu benar-benar memisahkan saya karena saya memiliki pengalaman traumatis sendiri dengan pemerkosaan. Dan butuh waktu lama untuk sembuh.

“Awalnya saya menyangkal – [saya pikir] bahwa trauma dan pemerkosaan seperti itu tidak terjadi pada gadis setinggi enam kaki dua. Kemudian kemarahan, lalu kesedihan, dan itu membuat Anda merasa tidak berharga, tidak berdaya, dan getir.”

Baginya, penyembuhan datang dari melakukan “salah satu hal tersulit” dan memaafkan pelaku – dan juga dari pekerjaannya dengan yayasan.

“Saya berasal dari kemiskinan dan kami menemukan jawabannya,” katanya.

“Anak-anak ini hanya membutuhkan kesempatan karena mereka sangat berbakat, cerdas, dan cakap.

“Seseorang membantu saya untuk mulai berolahraga, dan tanpa mereka melakukan itu, saya tidak akan berada di tempat saya hari ini.”

Meskipun merupakan olahraga yang didominasi pria, Ms Chan berpendapat bahwa potensi bola basket wanita di benua ini sangat cerah.

“Olahraga adalah masa depan Afrika. Itu adalah senjata Afrika, khususnya bagi para gadis,” katanya.

Dia menganggap serius pekerjaan mentoringnya, katanya, “karena orang melihat hal-hal dalam diri saya yang belum pernah saya lihat”.

Melalui pembinaan dia mendapatkan perannya dengan Toronto Raptors, setelah seorang eksekutif NBA melihatnya bekerja di sebuah kamp bola basket di Kenya.

Sekarang dipekerjakan oleh tim, yang didirikan pada tahun 1995 sebagai bagian dari ekspansi NBA ke Kanada, adalah tugas Ms Chan untuk menemukan bakat baru – baik pria maupun wanita – untuk mendukung pengembangan pemain dan menciptakan saluran untuk membuka peluang bola basket untuk mereka di Amerika Utara.

Dia baru-baru ini bepergian ke Uganda dan Tanzania untuk memilih pemain untuk turnamen besar di Rwanda tahun depan.

“Harapan saya bahwa ‘bola sampai ke titik di mana ada WBAL,Women Basketball African League atau liga bola basket wanita Afrika ” katanya.

“Itulah impian saya untuk gadis-gadis ini, bahwa mereka tidak dibatasi oleh budaya, mereka tidak dibatasi oleh pemikiran apa pun.

“Mereka benar-benar bebas dan terbebaskan dalam pikiran mereka, dan dapat mengejar impian mereka sebagai manusia, tidak dikekang atau dibatasi oleh jenis kelamin ini atau itu.” (bbc/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-africa-63841874

  • Bagikan