ExporA International Logistic and Trade Expo 2022, Pameran 150 UMKM Telah dan Siap Ekspor

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Beacukai Sulawesi Selatan dan Beacukai Makassar bersama BNI menggelar ExporA International Logistic and Trade Expo 2022 di Hotel Claro Makassar.

Digelar 13-14 Desember 2022, kegiatan ini melibatkan sedikitnya 150 UMKM binaan Beacukai yakni 75 UMKM yang pernah ekspor dan 75 UMKM telah siap expor.

Kepala Kantor Wilayah Beacukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Nugroho Wahyu Widodo mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mempertemukan buyer dari luar negeri dan suplayer yang terdiri dari ratusan UMKM untuk bisa bersaing dan membawa produknya ke pasar internasional.

“Potensi pasar luar negeri sangat besar. Selama covid teman-teman UMKM melakukan penjualan luar negeri ini dan itu membuat kita bahagia karena banyak menjadi sejahtera. Maka melalui kegiatan ini kami dari pemerintah berupaya mempertemukan simpul simpul tadi yakni buyer dan suplayer agar bisa bertemu dan langsung deal,” ujar Nugroho, Selasa (13/12/2022).

Sejalan dengan itu, Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono mengatakan alasan Beacukai berfokus kepada UMKM dalam kegiatan ini tidak lain untuk mendukung UMKM sulsel mendunia.

“Kenapa kita mengikutkan UMKM karena Beacukai memiliki empat tugas yakni memungut beacukai, melindungi barang larangan masuk Indonesia, memfasilitasi perdagangan dan mengasistensi industri baik kecil maupun besar,” ujar Andhi.

“Pengembangan UMKM menjadi tugas semua pihak dan Beacukai merasa terpanggil karena kita yang memeriksa barang ekspor, dan kita tau kekurangan UMKM kenapa tidak bisa ekspor. Oleh karena itu kita mendampingi, karena
yang terpenting UMKM di dampingi.” sambungnya.

Lebih jauh, Andhi berharap UMKM Sulsel terus optimis untuk melakukan ekspor, “Yang bisa ekspor adalah UMKM yang optimis, mohon maaf yang pesimis sebab Beacukai berupaya memberikan kemudahan ekspor,” tutupnya. (*)

  • Bagikan