UMI Expo 2022, Ajang Promosi Inovasi Kampus

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, melalui unit pelaksana teknis manajemen inovasi dan inkubasi bisnis. Menggelar Expo 2022 dengan rangkaian pameran produk inovasi dan workshop mobil listrik.

Kegiatan yang melibatkan peran mahasiswa dan fakultas lingkup UMI dipadati pengunjung berlangsung di Auditorium Al Jibra UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Rabu (14/12/2022).

“Acaranya dua hari dari tanggal 14 sampai 15. Dimana tanggal 14 itu ada workshop. Terus tanggal 15 ada dua rangkaian itu, ada bank mandiri khususnya tentang wirausaha. Temanya disesuaikan mini fashion bagaimana sebuah inofasi ramah lingkungan,” kata Lilis Nurhayati, selaku Sekretaris UPT Manajemen Inovasi Bisnis UMI.

Pesertanya yang sudah daftar ada 67 itu baru prodak, terus di luar fakultas. Setiap fakultas membawa prodak inovasinya, kalau itu memang banyak yang mendaftar di link baru prodak tenannya di luar Fakultas. Karena kalau fakultas pasti banyak.

Yang ingin dicapai harapannya adalah pameran ini adalah salah satu wadah yang membantu mahasiswa dalam kurikulum ada mata pelajaran teori dalam kelas nah bagaimana sekedar teori maka harus ada praktek perlu ada wadah.

“Praktik itu dibuat karena ini. Supaya mereka bisa memasarkan produknya baik itu pangan tekgnologi dengan tujuan tes pasar,” katanya.

Dia berpesan sudah tahu mereka bisa komersialisasi secara massal. Harapannya seperti itu, setiap tahun dilakukan kegiatan ini dua kali. Tengah tahun dan akhir tahun agenda agribisnis.

“13 Fakultas semua ada wajib. Karena ini program pemerintah entrepreneur. Tapi kedepannya diharapkan Inovasi yang mereka temukan ramah lingkungan. Inovasi tidak sekedar kritik saja, muara muara produk ada inovasi ramah lingkungan,” pungkasnya.

Sedangkan, Wakil Rektor V UMI, Prof. Dr. Hatta Fattah kegiatan ini tentu di akhir tahun menjadi ajang unjuk inovasi dosen dan mahasiswa dipromosikan ke publik.

“Sehingga dari sini kita mengukur sampai di mana pencapaian kita dalam inovasi kemudian ini menjadi evaluasi tahun depan kita akan tingkatkan lagi apa yang ada sekarang. Ini ajang evaluasi,” katanya.

Adapun kegiatan, ada workshop tes Drive mobil listrik dia berharap UMI juga bisa berperan dalam pengembangan mobil listrik, ini kan ada job fair alumni yang baru saja wisuda akan diikutkan dalam program ini. Kemudian nanti bisa mendapatkan bimbingan Bahakan penempatan kerja seperti itu.

“Kita mengukur dulu kemampuan kita, tapi insya Allah banyak perubahan yang lalu kita tidak tata seperti ini, saya sebutkan pra kondisi tahun depan kita buka untuk eksternal. Saya lihat hari ini kita siap, oleh karena itu tahun depan sudah memungkinkan mengundang orang luar untuk masuk,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan