Inggris Akan Mengumumkan Paket Artileri Baru Untuk Ukraina

  • Bagikan
FILE - Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kiri, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak melihat kendaraan militer Rusia yang hancur di pusat kota Kyiv, Ukraina, 19 November 2022.

LONDON, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada hari Senin akan mengumumkan paket artileri baru yang besar untuk Ukraina selama pertemuan rekan-rekan Nordik, Baltik dan Belanda di Riga.

Sunak akan tiba di Latvia pada hari Senin untuk pertemuan guna membahas upaya berkelanjutan untuk melawan agresi Rusia di wilayah Nordik dan Baltik dengan sesama anggota Pasukan Ekspedisi Gabungan (JEF).

Sunak akan meminta para pemimpin untuk mempertahankan atau melampaui tingkat dukungan 2022 untuk Ukraina pada 2023, kata pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor perdana menteri.

Dia juga akan mengumumkan bahwa Inggris akan memasok “ratusan ribu butir amunisi artileri tahun depan di bawah kontrak £250 juta ($304 juta) yang akan memastikan aliran konstan amunisi artileri kritis ke Ukraina sepanjang tahun 2023,” kata pernyataan itu.

Inggris telah memimpin dalam “memberikan bantuan pertahanan ke Ukraina termasuk mengirimkan Sistem Roket Peluncur Ganda dan baru-baru ini 125 senjata anti-pesawat,” katanya.

“Kami juga telah menyediakan lebih dari 100.000 butir amunisi sejak Februari, dengan pengiriman yang terkait langsung dengan operasi yang sukses untuk merebut kembali wilayah di Ukraina,” tambahnya.

Sunak bulan lalu mengunjungi Kyiv untuk menawarkan dukungan lebih lanjut kepada Ukraina dalam perjuangannya melawan pasukan Rusia setelah invasi Februari.

“Inggris dan sekutu Eropa kami telah sejalan dalam tanggapan kami terhadap invasi Ukraina, dan kami tetap teguh dalam ambisi kami untuk perdamaian di Eropa sekali lagi,” kata Sunak dalam pernyataan itu.

“Tetapi untuk mencapai perdamaian, kita harus mencegah agresi dan penempatan kita di seluruh wilayah bersama-sama sangat penting untuk memastikan kita mampu menanggapi ancaman yang paling parah,” tambahnya.

Pertemuan JEF yang mempertemukan para pemimpin Denmark, Estonia, Finlandia, Islandia, Latvia, Lituania, Belanda, Norwegia, Swedia dan Inggris, juga akan disampaikan oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy.(VOA/*)

Referensi:

https://www.voanews.com/a/uk-to-announce-major-new-artillery-package-for-ukraine/6882093.html

  • Bagikan