MYL Resmikan TPS-3R, Solusi Penanganan Sampah Masyarakat Pangkep

  • Bagikan

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL) meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Reycle(TPS-3R) di Desa Batara, Rabu (21/12/2022).

Hadirnya TPS-3R di desa dan kelurahan diharapkan permasalahan pengelolaan sampah cepat terselesaikan tanpa harus jauh jauh ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Tidak hanya sebagai solusi penanganan sampah, TPS-3R juga diharapkan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat dengan pengolahan sampah plastik dan sampah menjadi pupuk organik.

“Dengan ini, pengelolaan sampah bisa lebih baik, masyarakat juga dapat untung. Itulah yang kita targetkan dari pembangunan TPS-3R ini,” ujar MYL.

Pembangunan TPS-3R merupakan program yang dihadirkan pemkab Pangkep melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan).

Plt kepala dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan kabupaten Pangkep, Nurul Haq mengatakan pembangunan TPS-3R ini dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022.

Pengelolaan TPS-3R selanjutnya akan diserahkan kepada kelompok masyarakat.

“Diharapkan, semua desa dan kelurahan memiliki TPS-3R agar tidak ada lagi sampah yang menumpuk,” singkat Nurul Haq.

TPS-3R akan mengelola sampah dengan melakukan pemilahan sampah plastik dan sampah organik.

Terpisah Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten Pangkep Thamrin Taba, mengatakan Pengelolaan TPS-3R dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang teknis pengelolaannya dibina secara langsung oleh DLH.

Selain peresmian gedung TPS-3R, Bupati MYL juga menyerahkan dua unit kendaraan operasional pengangkut sampah.(*)

  • Bagikan