Bagaimana Rasanya Tinggal di Pulau Natal

  • Bagikan
Wilayah luar negeri Australia yang berjarak sekitar 3,5 jam penerbangan barat laut Perth, keindahan alam Christmas Island telah membuat banyak orang menyebutnya sebagai "Galapagos Australia."

AUSTRALIA, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – “Hutan adalah taman bermain kita, dan laut adalah negeri ajaib kita.”
Begitulah cara Sook Yee Lai mengingat masa kecilnya di Pulau Natal, wilayah luar negeri Australia yang berjarak sekitar 3,5 jam penerbangan ke arah barat laut Perth, ibu kota Australia Barat.

“Kami melakukan banyak hal free diving, snorkeling, menyelam, berselancar, menjelajahi gua, dan berjalan-jalan di hutan untuk nongkrong di pantai tersembunyi,” kata Lai

Sebuah permata terpencil di Samudra Hindia yang lebih dekat ke Indonesia daripada daratan Australia, keindahan alam Pulau Natal membuat banyak orang menyebutnya sebagai “Galapagos Australia”.

Meskipun relatif kecil terbentang hanya seluas 52 mil persegi (sekitar 135 kilometer persegi), rumah dengan tebing curam, hutan lebat, terumbu karang yang tumbuh subur, dan lebih dari 250 spesies endemik .

“Ini adalah pulau yang sangat istimewa,” katanya. Kami memiliki komunitas yang hidup, indah, dan harmonis di tempat yang kecil dan terpencil ini.”

Wadah budaya yang melebur

Lai pindah ke Perth pada tahun 1997 ketika dia berusia 15 tahun untuk menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya kemudian belajar di Universitas.
Meskipun dia sekarang tinggal di sana secara permanen, Lai sering kembali ke Pulau Natal untuk bekerja dan mengunjungi keluarga dan teman masa kecilnya.
“Setiap kali saya kembali, aroma hutan menerpa saya saat kami turun dari pesawat. Itulah aroma rumah bagi saya,” kata Lai, yang juga sekretaris Christmas Island Stories , sebuah asosiasi yang mengisahkan orang-orang multikultural di pulau itu. dan warisan.

Sekitar 22% dari sekitar 1.700 penduduk di pulau itu memiliki keturunan Tionghoa, 17% Australia, 16,1% Melayu, 12,5% Inggris, dan 3,8% Indonesia, menurut sensus 2021 .
Akibatnya, sehari-hari terdengar banyak bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, Kanton, Tionghoa Min Nan, dan Tagalog (dari Filipina), untuk beberapa nama.
“Kami didorong untuk berbicara bahasa kami sebagai anak-anak dan berbagi dengan orang lain,” tambah Lai, yang berbicara empat bahasa (Inggris, Kanton, Mandarin dan Bahasa Melayu dari Malaysia).

Sejarah hidup
Keanekaragaman di Christmas Island atau Pulau Natal, yang menjadi bagian dari Australia pada tahun 1958, terkait langsung dengan pertambangan era kolonial dan Perang Dunia II.
Perusahaan Hindia Timur Britania pertama kali melihat pulau itu pada Hari Natal tahun 1643 , dan hari libur itu menjadi namanya.
Setelah menemukan simpanan fosfat yang berharga, Inggris menganeksasi wilayah tersebut pada tahun 1888.
Penambangan dimulai segera setelah itu, dengan operasi yang sangat bergantung pada buruh kontrak Cina, Malaysia, dan Sikh yang bekerja dalam kondisi yang keras.
Pada tahun 1942, selama Perang Dunia II, pasukan Jepang menduduki Pulau Natal. Pada tahun 1943, setengah dari populasi dikirim ke kamp penjara di Indonesia, menurut Pemerintah Australia .
Setelah perang, penduduk pulau kembali dari Indonesia dengan pasangan dan anak-anak, yang semakin menyempurnakan komposisi multikultural pulau itu.

Waktu untuk bermain
Saat ini, sekitar 1.300 orang , atau 80% populasi, tinggal di Flying Fish Cove, ibu kota dan kota pelabuhan utama tempat banyak aksi berlangsung.
“The Cove adalah jantung komunitas di Pulau Natal. Orang-orang meluncurkan perahu atau berenang untuk melihat terumbu karang dan kehidupan laut yang indah. Anda tidak perlu pergi terlalu jauh untuk melihat lumba-lumba, penyu, atau gurita,” kata Lai .
Bagi Lauren Taylor , 37, itu adalah cinta pada pandangan pertama saat dia tiba.

Administrator sekolah paruh waktu pindah dari Dunsborough, di Australia Barat, bersama suaminya untuk bekerja di satu-satunya sekolah di pulau itu, Sekolah Menengah Distrik Pulau Natal.
“Kesan pertama saya adalah saya bisa tinggal di sini selama 10 tahun ke depan,” kata Taylor kepada CNN Travel.

Saat itu, dia sedang hamil tiga bulan anak pertamanya. Keluarganya telah berkembang dengan dua anak, 8 dan 9 thn, yang tumbuh tanpa teknologi dan dikelilingi oleh alam.
“Tidak ada internet selain saat Anda memiliki Wi-Fi di rumah,” jelas Taylor. “Anak-anak kami memanjat pohon dan bermain di luar.”
Dan karena ini adalah komunitas yang erat, penduduk tenang mengetahui bahwa mereka aman.
Hanya sedikit orang yang mengunci rumah mereka, dan beberapa bahkan tidak mengeluarkan kunci dari mobil mereka, tambah Lai. “Ini sangat bebas dan aman.”

Alam di depan pintu Anda

Sekitar 64% pulau tetap menjadi taman nasional yang dilindungi dan rumah penting bagi banyak spesies, mulai dari kepiting kelapa (atau perampok) yang sangat besar hingga merpati kekaisaran Natal berwarna zamrud, burung bosun emas yang anggun, dan burung cikalang Pulau Natal berdada merah.

“Ada begitu banyak perjumpaan satwa liar yang menakjubkan,” kata Taylor. “Kami berada di atas kapal dan melihat seekor kura-kura, melompat ke air untuk berenang bersamanya, dan seperti yang kami lakukan, seekor hiu paus muncul di belakang kami. Awalnya menakutkan, tetapi begitu hati menjadi tenang, itu luar biasa. .”
Tentu saja, migrasi kepiting merah yang terkenal , yang dimulai saat musim hujan dimulai sekitar bulan November, merupakan daya tarik wisata terbesar pulau ini.
Selama ini, diperkirakan 40 juta hingga 50 juta kepiting merah kecil melintasi pulau, merangkak di atas jalan, mobil, dan menyelimuti pantai di lautan merah.

Pariwisata meningkat
Bagi sebagian orang, pulau ini memberikan potensi untuk usaha bisnis baru.
Industri utamanya meliputi pertambangan dan ekspor fosfat tingkat rendah, layanan pemerintah, pusat detensi imigrasi yang kontroversial, dan pariwisata.
Saat tambang menipis, pemerintah mengalihkan fokusnya ke pariwisata berkelanjutan sebagai andalan masa depan.
Ini adalah industri yang berkembang, meningkat dari sekitar 1.160 pengunjung pada 2017 menjadi sekitar 3.000 pada 2021, menurut laporan tahunan 2020-2021 Asosiasi Pariwisata Pulau Natal.

Logistik/Logistical headaches
Meskipun sebagian besar waktu adalah tempat yang menyenangkan untuk ditinggali, penduduk mengatakan ada tantangan tersendiri.
“Kejatuhan terbesar adalah biaya perjalanan. Penduduk benar-benar berjuang untuk terbang ke daratan,” kata Amanda Clarke kepada CNN Travel.
Clarke, yang menjalankan Paradise Pizza and Takeaway, dan kios camilan bioskop luar ruangan, pindah ke pulau itu pada 2019 bersama suaminya, yang bekerja sebagai manajer operasi bandara.
Virgin Australia hanya menawarkan dua penerbangan per minggu antara Perth dan Pulau Natal.
Selain jarang dan tidak dapat diandalkan, dengan seringnya penundaan atau pembatalan terkait cuaca, penerbangannya mahal, biaya $1.200 atau $1.400 pulang pergi, keluh Clarke.

Natal di Pulau Natal

Mengingat namanya, wajar jika Anda bertanya-tanya seperti apa Natal di Pulau Natal.
Pada akhir Desember, cuaca berubah-ubah antara hari-hari cerah sempurna dan hujan lebat, dan migrasi kepiting sering kali terjadi dengan kekuatan penuh.
Tahun ini, masyarakat menghiasi bundaran tengah dekat teluk dengan lampu Natal dan rusa kutub.
Lalu ada Rock Riders Lolly Run, di mana orang-orang berdandan seperti Sinterklas dan mengendarai sepeda “Postie” (sepeda motor Honda berwarna merah yang biasanya digunakan oleh tukang pos untuk mengantarkan surat di Australia dan Selandia Baru), membagikan goodie bag kepada anak-anak.
Banyak orang bepergian ke luar negeri untuk melihat keluarga selama liburan, tetapi mereka yang tetap tinggal menikmati musim yang tenang.
“Liburan ini akan dihabiskan di perahu kami dengan berenang bersama hiu paus yang datang untuk memakan bayi kepiting,” kata Taylor.
Dia juga berharap untuk menghabiskan 25 Desember di pantai bersama keluarganya dan bergabung dengan Natal Yatim Piatu di pulau itu – makan siang komunitas di Flying Fish Cove. (CNN/*)

Referensi:
CNN Travel

https://edition.cnn.com/travel/article/living-on-christmas-island/index.html

  • Bagikan