Tidak Menginginkan Barang Tersebut? Mengembalikannya Bisa Dikenakan Biaya

  • Bagikan

NEW YORK, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Berencana untuk mengembalikan sweter Natal yang tidak sesuai? Anda mungkin dikenakan biaya untuk mengembalikannya secara online.

Pembeli telah terbiasa dengan pengiriman gratis dan pengembalian gratis dalam beberapa tahun terakhir, tetapi Zara, H&M, J.Crew, Anthropologie, Abercrombie & Fitch, dan rantai lainnya sekarang mengenakan biaya hingga $7 untuk mengembalikan barang secara online.

Tingkat pengembalian untuk pembelian online biasanya lebih tinggi daripada ketika pelanggan membeli di toko, karena pelanggan online sering memesan beberapa ukuran pakaian yang berbeda untuk melihat mana yang paling cocok dan mengembalikan barang yang tidak diinginkan.

Pelanggan mengirim kembali sekitar 17% dari total barang dagangan yang mereka beli pada tahun 2022, dengan total $816 miliar, menurut data dari National Retail Federation.

Hal tersebut membebani pengecer: Untuk setiap $1 miliar penjualan, pengecer rata-rata mengeluarkan $165 juta dalam pengembalian barang dagangan, menurut NRF.

“Untuk setiap dolar barang dagangan yang dikembalikan, pengecer harus membayar antara 15 sen hingga 30 sen untuk menanganinya,” Burt Flickinger, pakar ritel dan direktur pelaksana konsultan ritel Strategic Resource Group, mengatakan kepada CNN awal tahun ini.

Perusahaan harus menanggung biaya pengiriman yang mahal agar pelanggan dapat mengirim produk mereka kembali. Barang-barang itu terkadang berakhir di gudang pengecer atau di rak. Toko kemudian harus menurunkan harga barang yang dikembalikan untuk menjualnya, yang selanjutnya menekan keuntungan mereka.

Lebih sering, produk yang dikembalikan dapat berakhir di gudang likuidasi atau bahkan tempat pembuangan sampah, yang merupakan ancaman lingkungan.

Seiring meningkatnya kekhawatiran akan resesi AS yang tertunda dan mundurnya belanja konsumen, pengecer mencari cara untuk melindungi keuntungan mereka. Penjualan ritel turun tajam pada awal musim belanja liburan karena konsumen merasakan tekanan dari inflasi yang tinggi selama puluhan tahun, membebani pengecer dengan persediaan yang terlalu banyak .

Menagih pelanggan untuk pengembalian online hanyalah salah satu cara pengecer mencoba menindak biaya pengembalian dan mencegah pakaian menumpuk di gudang.

Beberapa toko memperketat jendela pengembalian mereka. Yang lain mempertimbangkan kebijakan “pengembalian uang tanpa pengembalian produk”, di mana mereka mengembalikan uang pelanggan dan membiarkan mereka menyimpan atau menyumbangkan barang yang tidak mereka inginkan. (CNN/*)

Referensi:
CNN

https://edition.cnn.com/2022/12/27/business/online-returns-stores-zara-abercrombie

  • Bagikan