Wali Kota Parepare Apresiasi Program PTSL Kantor Pertanahan

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Kantor Pertanahan Parepare, melaksanakan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2023 di Balai Ainun, Kamis (19/1/2023).

Kegiatan itupun diapresiasi Wali Kota Parepare Taufan Pawe. Apresiasi ini disampaikan Sekda Iwan Asaad, saat mewakili Walikota hadiri kegiatan penyuluhan tersebut.

Iwan Asaad menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan Kantor Pertanahan ini patut diapresiasi karena memberikan kepastian hukum kepada masyarakat yang memiliki tanah tetapi belum memiliki sertipikat.

Hal ini juga kata Iwan, telah dikoordinasi sebelumnya sebagai bagian melaksanakan amanah yang diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

“Saat ini masih banyak warga yang tidak memiliki sertipikat karena melengkapi kelengkapan yang dibutuhkan. Bisa jadi mereka tidak paham, makanya dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi untuk memberikan pemahaman melalui penyuluhan ini,” jelas Iwan.

Pada kesempatan itu, Iwan Asaad meminta camat dan lurah agar memberi dukungan kepada warga dalam melengkapi dokumen atau kelengkapan yang dibutuhkan dan memberikan solusi.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Parepare, Aspar dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan program PTSL ini memang perlu pendampinginan.

“Kami harap paling cepat bulan juni sudah selesai. Saat ini kami masih menangani 401 bidang tanah, oleh karena itu kami meminta bantuan dan dukungan semua pihak,” harapnya.

Aspar menambahkan, selain PTSL, pihaknya juga tengah gencar memverifikasi sertifikat wakaf milik warga, yang saat ini sementara terlaksana. “Kami targetkan sertifikat ini dapat diserahkan pada bulan suci Ramadan dari masjid ke masjid,” katanya.

Selain diundang dari perwakilan Pemerintah Kota Parepare, pada kegiatan penyuluhan itu juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Parepare Didi Hariyono, perwakilan Polres Parepare, Pengadilan, serta ketua-ketua RW/RT.
(***)

  • Bagikan