Chaidir Syam, Bercita-Cita Jadi Dokter, Militer, Akhirnya Jadi Bupati

  • Bagikan
Bupati Maros, Chaidir Syam

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Hidup adalah pilihan. Dan setiap pilihan pasti punya konsekuensi, berani menghadapi dilema, tak takut bertarung dengan resiko juga menerima apapun yang terjadi adalah bagian dari pertarungan hidup yang dihadapi Chaidir Syam. Pernah dipinta orang tua untuk menjadi dokter, namun hati lebih terpanggil menjadi militer pembela negara.

Sejak kecil suka bermain pistol air. Ujungnya ternyata berkiprah di jalur politik, menjadi wakil ketua DPRD Maros, lalu menjadi ketua DPRD Kab.Maros, dan terpilih menjadi Bupati Maros 2021-2026. Kini, Chaidir Syam memimpin Kabupaten Maros berpasangan Tina Buhari sebagai Wakil Bupati Maros di pilkada 2021 dengan nomor 2 dan hari ini, tepat 2 Februari 2023, Chaidir Syam genap berusia 46 tahun.

Perubahan hidup dialaminya, menarik untuk diikuti kisahnya. Terlahir dari anak tunggal dari pasangan seorang PNS di Maros, tapi beranjak berkarya di Maros. Dari beragam organisasi yang dipimpinnya, memimpin DPRD Maros dengan sejuta prestasi, Chaidir Syam tak jumawa, seperti biasa, sederhana, apa adanya, empati bagi siapa saja. Dari OSIS sampai sanggar seni. Tak hanya berjibaku dengan berbagai intrik politik sudah jadi langganannya. Bergelut di partai politik dan bertarung di parlemen menjadi bagian hidupnya.

Kini, dengan slogan Maros Keren, Chaidir Syam ingin membuat tonggak sejarah. Bergerak menjadikan Maros yang relegius, damai dan sejahtera.

“Chaidir Syam mendekap Maros, memberikan kehangatan dengan karya nyata”. Tak sekadar cerita, tapi karya nyata dan data-data berbicara kalau Chaidir Syam, bekerja dan terus berinovasi. Bupati yang enggan menonjolkan diri dan dalam berbagai panggung prestasi yang direngkuhnya, Chaidir Syam selalu menegaskan kalau semua prestasi yang dicapainya adalah prestasi seluruh masyarakat kabupaten Maros, Pemerintah Kabupaten dan seluruh OPD dan jajaran Pemkab. Maros.

“Chaidir Syam, pemimpin kabupaten yang tidak berubah, sederhana, humanis, pegaul dan empati” cerita Bachtiar Adnan Kusuma, Tokoh Literasi, Rabu malam, 2 Februari 2023 di Rujab Bupati Maros. (*)

  • Bagikan