Branding Makassar Kota Makan Enak Tuai Pujian Menparekraf Sandiaga Uno

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memuji inisiasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam membranding Kota Makassar sebagai ‘Kota Makan Enak.

“Makasar hanya ada dua makanan, enak dan enak sekali,” ucapnya Sabtu (11/02/2023).

Ia menilai, makanan khas Makassar harus terus diperkuat dengan branding menarik, sehingga menarik para wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk datang ke Kota Makassar.

“Mulai dari coto, tadi sudah kita coba beberapa kuliner, memang harus diperkuat bandingnya,” katanya.

Sandi menuturkan, dengan adanya paket perjalanan wisata dari Dinas Pariwisata akan memperkuat Branding Makassar Kota Makan Enak.

“Ini akan kita sambut dengan baik dengan beberapa penyiapan paket perjalanan kerjasama Kadis Pariwisata yang sudah punya branding baru yaitu Makassar Kota Makan Enak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Makassar Muhammad Roem mengatakan, awalnya randing itu muncul dengan adanya instruksi Presiden RI Joko Widodo guna menekan inflasi daerah.

Pasca branding ini dilaunching, Pemkot Makassar mulai memetakan makanan-makanan yang menjadi rekomendasi santapan setiap saat.

“Pasti ada turunan dari branding itu, sudah dipetakan dan sementara di klopkan semua,” ujarnya.

Ada 10 item kuliner yang saat menjadi rekomendasi dari branding Makassar Kota Makan Enak ini. Antara lain, jalangkote, pisang ijo, coto Makassar, sop saudara, mie kering, konro, nasi kuning, pisang epe, barongko hingga pallubasa.

“Ini akan terus bertambah karena kita punya banyak varian kuliner di Makassar,” sebutnya.

Hingga saat ini, Pemkot Makassar telah menandatangani penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Indonesia Marketing Association (IMA).

“Dan kami di Dispar Makassar akan menindaklanjuti dengan es perjanjian kerja sama untuk menajamkan lagi program-program Makassar Kota Makan Enak ini untuk lebih dalam terkait promosi dan strategi marketingnya,” beber Kepala Dinas Pariwisata Makassar. (*)

  • Bagikan