Jaga Ekosistem, Kodim 1421/Pangkep Tanam 200 Pohon Bibit Mangrove

  • Bagikan
Kodim 1421/Pangkep Tanam 200 Pohon Bibit Mangrove

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Sebanyak 200 bibit pohon mangrove ditanam Personel Kodim 1421/Pangkep di Pesisir Pantai Kampung Mandalle Utara, Desa Mandalle, Kecamatan Mandalle, Kamis (02/03/2023).

Penanaman mangrove ini sebagai upaya dalam menjaga kelestarian ekosistem.

“Kita harap dengan penanaman ini, nantinya bisa menjadi lokasi pemijahan ikan dan organisme perairan yg bernilai ekonomis. Serta menjadi konsen terhadap penjagaan kualitas udara yakni mencegah terjadinya pemanasan global,” ujar Dandim 1421/Pangkep, Hengky Ventriardo.

Tidak hanya itu, penanaman Mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai serta dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan, dan hasil laut lainnya.

Mangrove juga dapat mengurangi pencemaran laut dengan berperan sebagai biofilter mereduksi logam berat dan Nutrient dari darat yang akan masuk ke laut.

“Artinya bisa merilis oksigen untuk seluruh masyarakat dunia. Ini program global menata bumi menjadi hijau,” Tambah Hengky.

Dalam aksi penanaman pohon Mangrove ini melibatkan sekitar 50 Personel Kodim 1421/Pangkep.(*)

  • Bagikan