Jadi Pemateri di Kuliah Umum Unibos, Audy Joinaldy Bagi Tips Jadi Pengusaha Sukses

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Universitas Bosowa (Unibos) Makassar kedatangan Wakil Gubernur termuda di Indonesia asal Sumatra Barat, Audy Joinaldy.

Audy Joinaldy menjadi pemateri pada
Kuliah Umum bertajuk ‘Membangun Karakter Enterpreneurship Generasi Milenial Memanfaatkan Peluang Bisnis Baru Era 4.0’ yang dirangkaikan dengan
penandatanganan MoU antara Unibos dengan Perkasa Group.

Dalam materi kuliah umumnya, Chairman Perkasa Group ini mengungkapkan di era 4.0 banyak sekali lowongan kerja akan tetapi banyak pula yang generasi muda yang tidak memiliki pekerjaan.

“Beberapa yang menyebabkan banyaknya pengangguran antara lain pertumbuhan ekonomi yang rendah, skill dan cara berpikir terlalu maju, terlalu banyak lulusan sosial,
lulusan bodoh, tidak ada faktor wow dan
Kurang menciptakan lapangan kerja sendiri,” ucapnya.

Audy mengungkapkan saat ini perlunya generasi muda menciptakan lapangan kerja sendiri dengan cara membuat usaha atau menjadi enterprenuer.

“Di Asean, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengusaha terkecil atau hanya sekitar 2 persen, sedang yang tertinggi adalah Cina dengan jumlah pengusaha 14 persen. Jusuf Kalla pernah mengatakan, setidaknya Indonesia membutuhkan sekitar 4 persen pengusaha untuk memajukan ekonomi,” ucapnya.

Audy mengatakan, kebanyakan orang takut memulai usaha karena takut gagal, “Padahal kegagalan bisnis berasal dari kegagalan manajemen. Yang terpenting dari wirausaha adalah jejaring atau network,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan