Sekda Palopo Resmi Lepas jemaah Calon Haji

  • Bagikan

PALOPO, BACAPESAN.COM – Sekretaris Daerah Kota Palopo Bapak H. Firmanza DP, SH. M.Si., mewakili walikota melepas secara resmi Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Palopo Tahun 1444 H / 2023 M.

Pelepasan yang ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dan Pataka Kota Palopo itu diselenggarakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Senin, 5 Juni 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palopo Drs.H. Jufri, MA dalam laporannya menyampaikan bahwa berdasarkan jadwal, JCH Kota Palopo akan diberangkatkan pada Selasa, 06 Juni 2023 19:30 WITA yang tergabung dalam Kloter 23 Embarkasi Makassar.

Kepala Kantor Kemenag Kota Palopo mengatakan, JCH Kota Palopo yang siap diberangkatkan berjumlah 110 orang, yakni Laki-laki berjumlah 39 orang, dan perempuan berjumlah 71 orang.

“Untuk JCH kategori umur dibawah 30 tahun berjumlah 4 orang, kategori umur antara 31 sampai dengan 60 tahun berjumlah 63 orang, sedangkan kategori umur 61 keatas berjumlah 43 orang,” ungkapnya.

Untuk kategori JCH termuda, Lanjut H. Jufri, yang berumur 20 tahun atas nama Nabila Dauriah dan yang tertua berumur 92 tahun atas nama Naba Tahuga. Adapun PPIH  JCH Kota Palopo atas nama H.Ahmad Patola yang juga Kasi Pendis Kemenag Kota Palopo, dan petugas Kesehatan Widiawati, SKep.Ns.

H. Jufri menambahkan, JCH cadangan/tambahan Kuota yang ada, juga akan di berangkatkan sebanyak 14 orang yang tergabung dalam kloter 42 Embarkasi Makassar. “Sesuai jadwal, JCH ini akan berangkat dari Kota Palopo  pada tanggal  20 Juni 2023  menuju Asrama Haji Sudiang.

Sementara itu, Walikota palopo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah kota Palopo berharap kepada seluruh JCH Kota Palopo untuk fokus beribadah, melaksanakan ibadah haji dengan baik dan kembali dengan predikat Haji Mabrur.

Sekda melanjutkan, untuk menunaikan ibadah haji bukan karena kita mampu secara financial akan tetapi ibadah haji bisa kita laksanakan itu semata-mata karena ridho Allah SWT. Panggilan Allah SWT yang telah memberikan kemampuan kepada kita untuk memenuhi panggilan-Nya.

Sekda berpesan agar para JCH mengedepankan kepedulian kepada sesama. “Yang muda-muda jangan pentingkan diri sendiri, jangan egois disana, karena kita disana kita juga dilatih kepedulian terhadap sesama. Perhatikan sesama JCH agar semua dapat menjalankan ibadah dengan lancar,” ungkapnya.

Kepada para JCH, sekda berpesan gara menjaga citra diri masing masing dengan akhlak mulia, juga jaga nama baik daerah dan bangsa kita dengan menunjukkan keteladanan  yang baik.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tetap fokus untuk beribadah dengan baik sehingga para JCH nantinya dapat kembali ke palopo dengan selamat dan meraih predikat haji mabrur,” jelasnya.

Turut dihadiri unsur porkopimda kota palopo, Ketua MUI kota palopo, Ketua FKUB kota palopo, Kepala Kantor Imigrasi palopo, unsur pimpinan Baznas kota palopo, Pimpinan BSI cabang palopo, sejumlah pimpinan perangkat daerah kota palopo dan keluarga JCH. (*)

  • Bagikan