Kemenkumham Sulsel Ikuti Rapat Persiapan SKD Catar POLTEKIP/POLTEKIM

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan mengikuti rapat persiapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan Calon Taruna dan Taruni (Catar) Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Ilmu Keimigrasian (POLTEKIM) Kemenkumham RI Tahun Anggaran (TA) 2023.

Kegiatan ini diadakan oleh Biro Kepegawaian Sekretariat Jendral Kemenkumham RI melalui daring pada Senin (05/06/2023).

Kanwil Sulsel mengikuti Kegiatan tersebut diwakili oleh Kepala Divisi Adminsitrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih mewakili Kakanwil, Liberti Sitinjak, Kepala Bagian Umum Basir, Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat beserta jajarannya.

Rapat yang terpusat di Ruang Rapat Gedung Sekretariat Jenderal ini dibuka oleh Kepala Bagian Perencanaan, Sistem Informasi Kepegawaian dan Tata Usaha Biro Kepegawaian Reza Adityas Ananda.

Reza menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala BKN No 2/2023, prosedur penyelenggaraan CAT-BKN dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 telah dicabut.

“Untuk itu, prosedur penyelenggaraan seleksi menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkini terkait Covid-19 yaitu Instruksi Mendagri No 53/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada Masa Transisi Menuju Endemi. Dalam hal ini, pelaksanaan tetap menggunakan masker dengan benar khususnya pada keadaan kerumunan dan keramaian saat berada dalam ruangan tertutup dan sempit serta pada saat memiliki gejala penyakit seperti batuk, pilek dan bersin,” jelas Reza.

Selanjutnya, Reza menyampaikan panitia pusat telah mengeluarkan Pengumuman Nomor SEK.2.KP.01.03-53 Tentang Jadwal Pelaksanaan SKD Pada Seleksi POLTEKIP dan POLTEKIM Kemenkumham RI TA 2023. Dimana Kanwil Kemenkumham Sulsel sebagai panitia daerah akan melaksanakan Ujian SKD Catar pada tanggal 18-20 Juni 2023 bertempat di Kantor Regional (Kanreg) IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar.

Demi kelancaran pelaksanaan ujian tersebut, Reza menghimbau kepada jajaran panitia daerah untuk mempersiapkan dan melakukan beberapa hal penting, yaitu: Aktif berkoordinasi dengan panitia pusat dan penitia BKN terkait perkembangan pelaksanaan ujian; Memastikan ruangan, laptop, jaringan dan seluruh sarpras pendukung sudah terpasang dengan baik; Memastikan ruangan yang akan digunakan untuk ujian tersegel sampai dengan sebelum pelaksanaan ujian;

Juga Memastikan peserta telah mengisi daftar hadir; Memastikan dokumen identitas peserta telah sesuai dengan ketentuan (e-KTP dan Kartu Peserta Ujian), sebelum peserta memasuki ruang tunggu maupun ruang ujian; Memastikan peserta telah mendapatkan PIN Registrasi melalui mekanisme scan QR-Code;

Dan Memastikan data kehadiran peserta yang terdapat pada daftar hadir peserta, sama dengan data kehadiran pada system CAT-BKN (tidak ada selisih);

Terpenting juga Membuat dan/atau mengumpulkan dokumentasi kegiatan seperti Berita Acara Penyegelan Ruang Ujian (H-1), Berita Acara Pembukaan Segel Ruang Ujian (hari ke-1 saja), Berita Acara Pelaksanaan SKD (perhari), Foto kegiatan (Perhari), Daftar hadir dan rekap nilai peserta SKD CAT dari BKN (perhari) dan laporan kegiatan Dan Hal lainnya yang dianggap Perlu.

Diketahui bahwa pelaksanaan SKD Catar Kanwil Kemenkumham Sulsel akan diikuti sebanyak 640 orang. Ujian akan dilaksanakan sebanyak 8 sesi dan tiap sesi ujian akan diikuti 100 orang peserta selama 3 hari (18-20 Juni 2023). (*)

  • Bagikan