PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Hari Pelanggan Nasional (HPN) merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemberi pelayanan kepada pelanggannya. Pelaksanaanya juga memberi kesempatan kepada pemberi layanan untuk mengetahui kebutuhan dan harapan para pelanggan.
Karena pelanggan memiliki arti penting dalam mendukung kesuksesan suatu instansi atau perusahaan, sukses atau tidaknya ditentukan oleh kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan.
BPJS Kesehatan Kantor Cabang Parepare turut merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan menyediakan kue dan minuman yang diberikan oleh kepala cabang saat melayani peserta yang berkunjung di kantor cabang, Senin (04/09).
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan Program JKN, terus berinovasi dalam peningkatan mutu layanan peserta yang mudah, cepat dan setara.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful mengungkapkan jika kepuasan Peserta JKN memiliki arti penting bagi BPJS Kesehatan. Oleh karena itu pihaknya selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan Peserta JKN.
“Kami akan terus berupaya memberikan layanan yang terbaik dengan menawarkan berbagai kemudahan kepada Peserta JKN. Apa lagi lagi di era digital saat ini, semakin banyak terobosan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Andi Rismaniswati.
Salah satu terobosan yang saat ini gencar digaungkan oleh BPJS Kesehatan adalah Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada kepada Peserta JKN untuk mengakses informasi, melakukan perubahan data secara mandiri, pendaftaran antrean online di fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.
“Sampai dengan bulan Agustus, Peserta JKN yang sudah melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN sudah mencapai 115.274 pengguna. Artinya, sudah semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi yang dapat diunduh pada telepon genggam, seperti android dan IOS,” tuturnya.
Darmiati, salah satu peserta yang ditemui Tim Jamkesnews mengungkapkan jika menjadi Peserta JKN juga tidak kalah pentingnya. Program JKN menjadi satu-satunya jaminan kesehatan yang ia miliki sebagai pegangan untuk keluarganya.
“Dengan Kartu JKN ini, saya bisa mendapatkan pelayanan secara gratis di fasilitas kesehatan, bahkan saat melahirkan ketiga anak saya. Padahal saat itu saya melahirkan dengan proses bedah sesar, tapi tidak ada sepeser pun biaya yang harus saya keluarkan,” tutur Darmiati.
Ia merasa beruntung karena telah didaftarkan sebagai Peserta JKN oleh pemerintah setempat. Menurutnya, pelayanan yang ia dapatkan baik di kantor BPJS Kesehatan maupun di fasilitas kesehatan sangat memuaskan.
“Pegawai BPJS Kesehatan yang melayani sangat ramah dan menjawab pertanyaan dengan sabar. Apa lagi hari ini kami yang berkunjung mendapat kue yang diberikan langsung oleh ibu kepala cabang, tentunya sangat berkesan,” puji Darmi.
Peserta lain yang turut diwawancara saat berkunjung, Fatima juga bersyukur karena sudah menjadi sebagai Peserta JKN. Dirinya dan keluarga sudah tidak perlu lagi mengkhawatirnya biaya-biaya yang harus dikeluarkan saat harus mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.
“Bukan hanya perlindungan kesehatan, Program JKN ini benar-benar memberikan perlindungan finansial bagi keluarga kami. Dengan memiliki kartu JKN, pesertanya bisa berjaga-jaga terhadap kemungkinan penyakit yang datang menyerang,” pungkas Fatima.
Program JKN merupakan program yang digagas oleh pemerintah, di mana BPJS Kesehatan sebagai pengelonya sejak tahun 2014 silam. Memasuk satu dekade penyenggaraannya, semoga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Tidak hanya bagi masyarakat yang kurang mampu, tapi juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tergolong mampu. (***)