Tema dan Format Debat Telah Diumumkan, Kubu 02: Sama Sekali Bukan Kendala Bagi Gibran

  • Bagikan
Gibran Rakabuming Raka

Karena sebagai pemimpin kata dia, bukan bagaimana menghafal dan beretorika, tapi bagaimana mewarnai setiap pos sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan zaman agar mengena langsung ke masyarakat.

Sehingga kata Jubir Garuda ini, tema apapun, bahkan tema yang melekat dalam pekerjaan sehari-hari Mahfud MD dan Muhaimin pun, tidak masalah.

Apalagi kata Teddy, ini sudah Gibran lakukan ketika menjabat sebagai Walikota solo, dimana ketika baru menjabat, Gibran diwarisi pertumbuhan ekonomi solo minus 1,74%. Dalam 2 tahun, pertumbuhan ekonomi solo naik drastis menjadi 6,25%. Gibran mengerti bagaimana mewarnai kota solo menjadi lebih baik.

Debat pertama pada 12 Desember 2023 adalah debat capres yang mengangkat isu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

“Gibran bukan follower, tapi sebagai pembuat dan pengambil keputusan, dan keputusannya sudah terbukti membuat rakyatnya menjadi lebih baik. Jadi silahkan buat tema debat apapun, Gibran sangat mampu mewarnainya,” tandasnya.

Diketahui, KPU telah menetapkan lima kali debat. Debat pertama, ketiga dan kelima porsi untuk capres. Sedangkan debat kedua dan keempat porsi debat cawapres.

Debat pertama pada 12 Desember 2023 adalah debat capres terkait isu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua yakni 22 Desember 2023 adalah porsi debat untuk cawapres dengan ekonomi, ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), infrastruktur dan perkotaan.

Debat ketiga akan digelar pada 7 Januari 2024 yang bakal diikuti capres dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 yang menjadi porsi debat cawapres dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat kalima pada 10 Februari 2024 dengan porsi debat untuk capres dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan inklusi. (fajar online)

  • Bagikan