Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat di 2023

  • Bagikan
Wisatawan mancanegara beraktifitas di restoran

“Untuk wisatawan mancanegara kami ada 10 persen, keseluruhan wisatawan berasal dari Japan, China, Rusia, dan Korea,” bebernya

Untuk rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik pada hotel klasifikasi bintang di Sulawesi Selatan selama Oktober 2023 masing-masing adalah 2 hingga 10 hari dan 1 hingga 60 hari.

Peningkatan kunjungan wisatawan dan tingkat hunian hotel berbanding terbalik dengan jumlah penumpang penerbangan Internasional yang berada diangka 31.758 penumpang baik yang datang, berangkat dan transit pada bulan Oktober 2023. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya di periode yang sama, penerbangan di September 2023 mengalami penurunan sebesar 11,02 persen atau sebanyak 35.691 penumpang di Desember. Sedang dibandingkan dengan bulan Oktober 2022 yang mencapai 34.692 orang atau turun hingga 8,46 persen.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Taochid Purnomo Hadi membenarkan data dari BPS sesuai jumlah penumpang.

“Data tersebut sesuai dengan data jumlah penumpang internasional bulan September dan Oktober yang tercatat di PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Untuk September trafik penumpang penerbangan internasional sebesar 35.691 sedangkan untuk bulan Oktober sebesar 31.758 penumpang,” ucap Taochid.

Adapun tiga negara asal wisatawan kuar negeri yang berkunjung ke Sulawesi Selatan melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin didominasi Malaysia, Singapura dan Jerman.

“Harapan kami, dengan adanya periode Natal dan Tahun Baru ini menjadi momen untuk peningkatan trafik karena musim liburan,” tutupnya. (Hikmah)

  • Bagikan