Minimalisir Persoalan Sengketa di Gowa, 500 Sertipikat Diserahkan ke Masyarakat Somba Opu

  • Bagikan
Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menghadiri Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Kabupaten Gowa di Gedung Olahraga (GOR) Sungguminasa Kecamatan Somba Opu, Selasa (12/12).

GOWA, BACAPESAN.COM – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menghadiri Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Kabupaten Gowa di Gedung Olahraga (GOR) Sungguminasa Kecamatan Somba Opu, Selasa (12/12).

Sertipikat tersebut diserahkan oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni sebanyak 500 bidang sertipikat tanah kepada masyarakat Kecamatan Somba Opu.

Abdul Rauf mengatakan program sertipikat tanah ini sangat baik, terlebih bagi masyarakat Kabupaten Gowa yang akan memberikan jaminan kepastian hukum atas kepemilikan tanah milik masyarakat itu sendiri sehingga meminimalisir terjadinya sengketa tanah di wilayah Kabupaten Gowa.

“Tentu kami sangat megapresiasi Kementerian ATR BPN atas terselenggaranya kegiatan PTSL di Gowa yang bertujuan memberikan jaminan kepastian hukum dan hak milik masyarakat secara gratis, karena selama ini belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga sangat penting adanya sertipikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki,” ungkapnya.

Abd Rauf menyebut dalam kesuksesan program ini, dibutuhkan peran serta seluruh camat, lurah atau kepala desa untuk bisa terus bersinergi dengan BPN agar dapat memperceoat terwujudnya pendaftaran tanah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Gowa sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Tak hanya itu, Program PTSL ini juga dapat digunakan masyarakat sebagai modal pendampingan usaha guna peningkatan kesejahteraan hidupnya. Menurutnya sertipikat yang dimiliki nantinya bisa dijadikan jaminan untuk peminjaman modal usaha di bank.

“Ini juga akan mengurangi sedikit beban masyarakat untuk berurusan dengan rentenir, karena dengan adanya sertipikat yang jelas dan sah bisa dijadikan jaminan peminjaman di bank, dimana pada saat ini peranan terbesar dalam pembentukan PDRB kabupaten Gowa tahun 2021 bersumber pada peningkatan lapangan usaha pertanian, kehutanan perikanan, lapangan usaha perdagangan, konstruksi serta industri,” jelasnya.

  • Bagikan