Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Seluruh Jajarannya Miliki Jiwa Bela Negara

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak mengajak seluruh jajarannya untuk memiliki jiwa Bela Negara dalam menghadapi berbagai tantangan. Hal ini disampaikannya pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 dan Kesiapan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, di Lapangan Kanwil pada Selasa (19/12).

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi tantangan dan situasi yang tidak menentu. Bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” kata Liberti dalam amanat Presiden RI Joko Widodo.

Lanjut Liberti, semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. “Ini adalahj tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persaturan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Liberti.

Dalam kesempatan ini, Liberti mengungkapkan bahwa Bela Negara bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi lebih luas lagi dalam hal ini merangkul seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. “Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” ujar Liberti.

Masih dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo, Liberti mengajak seluruh pegawainya di Hari Bela Negara ini untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

“Semoga Allah SWT senantiasa membnerikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Semangat Hari Bela Negara ke-75, Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju!” pesan Liberti menutup sambutannya.

Upacara ini turut dihadiri oleh Para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel, dan Seluruh Pegawai Kanwil. (*)

  • Bagikan