Refleksi Akhir Tahun, Liberti Sitinjak Sampaikan Berbagai Prestasi Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan
Kepala Kanwil Kemenkumham Liberti Sitinjak Sampaikan Berbagai Prestasi Kemenkumham Sulsel

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan gelar refleksi akhir tahun dan rapat koordinasi Pelaksanaan anggaran di Hotel Claro Makassar, Senin(18/12).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Liberti Sitinjak dalam Kesempatan ini menyampaikan kinerja dan prestasi yang berhasil diraih oleh pihaknya pada tahun 2023.

Diantaranya berhasil meraih nilai Indikantor Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada 42 satuan kerja (satker) sebesar 98,50 persen dan nilai SMART sebesar 83,73 persen sebagaimana tercatat pada Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Akuntansi Negara (OMSPAN) dan SMART per 18 Desember 2023.

Selanjutnya, Pada Tahun yang sama terdapat 6 (enam) satuan kerja memperoleh predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) melengkapi 7 (tujuh) satuan kerja yang sebelumnya memperoleh WBK dan WBBM, jadi dari 35 satuan kerja yang ada terdapat 12 satker memperoleh WBK Dan 1 Satker memperoleh WBBM.

Selanjutnya sebagai Kanwil Terbaik I Kinerja Anggaran Semester I 2023, Kanwil Terbaik II Pengamanan BMN 2023, Kanwil Terbaik I Dalam Kinerja Program KI Tahun 2023, Memacu Permohonan KI Barru di MPP Terbanyak Dalam MIC 2023, dan Satker Pelayanan Publik Berbasis HAM bersama 16 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lainnya.

Juga Mendorong Sebagian Besar Kab/Kota Peduli HAM, Kanwil Terbaik III Penyusunan Evaluasi Kebijakan 2023, Kanwil Terbaik I Permohonan KI Wilayah Indonesia Tengah 2023, Kanwil Terbaik I Pelaksanaan Program One Village One Brand KI 2023, Kanwil Terbaik I Penyelenggara IPK-IKM Tahun 2023, IKPA Terbaik Semester I 2023 dan Peringkat III LPJ Bendahara Terbaik Semester I 2023.

“keberhasilan atas pencapaian tersebut tidak terlepas dari implementasi kepemimpinan Kolektif Kolegial yang dijalankan oleh para pimpinan tinggi (pimti) pratama untuk berkolaborasi dan bersinergi secara bersama-sama demi mewujudkan kanwil yang lebih baik ke depannya,” ujar Liberti Sitinjak

“Disamping itu, setiap pegawai memiliki Sense Of Belonging serta mengimplementasikan Core Value BerAKHLAK dan Tata Nilai PASTI dalam Pelaksanaan tugas sehari-hari,” Lanjut Liberti Sitinjak

Terakhir, Kakanwil menyampaikan, Untuk meningkatkan kinerja Pada Tahun 2024, Liberti Sitinjak memaparkan langkah strategis yang telah disusun antara lain: Skala Prioritas yaitu menetapkan skala prioritas pelaksanaan kegiatan dan anggaran,

Ada juga kegiatan terencana yaitu pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Rencana Penarikan Dana yang disusun pada awal tahun, selanjutnya Monitoring dan Evaluasi yaitu pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi secara melekat dan berkala kepada UPT maupun Bagian/Bidang, dan Akuntabilitas Keuangan yaitu pemantauan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan anggaran seluruh UPT dan DIPA Kanwil oleh Tim Akuntabilitas.

Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Bagian Program dan Humas (Kabag PH) Khomaini mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai bahan evaluasi tugas dan fungsi pelaksanaan selama 2023, serta pelaksanaan anggaran tahun 2024. “Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja pada seluruh satker Kanwil Kemenkumham Sulsel di tahun 2024 mendatang”

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, Seluruh Kepala UPT se-Sulsel, Dan para peserta dari 34 UPT kumham sulsel. (*)

  • Bagikan