Warga Kelurahan Bilokka Berbondong-bondong Sambangi Petugas BPJS Keliling

  • Bagikan

SIDRAP, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Tepat satu dekade BPJS Kesehatan diberikan amanah untuk mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pesertanya, salah satunya dengan rutin melaksanakan layanan BPJS Keliling. Layanan ini bertujuan untuk mengurangi jarak dan waktu yang harus ditempuh oleh masyarakat yang ingin mengakses pelayanan administrasi.

Hal inilah yang tengah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Parepare di Kantor Kelurahan Bilokka, Kabupaten Sidenreng Rappang, Jumat (19/01). Layanan BPJS Keliling ini memberikan kemudahan kepada masyarakat di wilayah setempat untuk mengakses layanan administrasi dengan mudah dan cepat tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Antusiasme masyarakat Kelurahan Bilokka sangat jelas terlihat saat mengunjungi layanan BPJS Keliling ini. Hal ini terlihat dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung, hingga mencapai 45 orang. Lokasi yang terletak jauh dari kota dan sulitnya mengatur waktu karena kesibukan kerap jadi kendala yang mereka hadapi saat harus mengurus kepesertaan JKN.

Marwi, salah satu masyarakat yang berkunjung ke layanan BPJS Keliling mengaku sangat terbantu dengan kunjungan yang dilaksanakan oleh pihak BPJS Kesehatan. Ia bersyukur karena bisa melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN tanpa harus ke kantor.

“Dengan adanya kunjungan dari BPJS Kesehatan, kami tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan karena jaraknya lumayan jauh, kira-kira 45 menit dari tempat kami,” ungkap Marwi.

Ia merasa senang karena ada banyak layanan yang bisa diakses, mulai dari pendaftaran peserta baru, pembayaran iuran hingga menyampaikan keluhan yang mereka rasakan.

“Tadi saya hanya mau ke Puskesmas untuk berobat, tapi diinfokan oleh pegawai di sana kalau ada layanan BPJS Keliling di kantor kelurahan jadi saya bergegas ke sana. Sebenarnya saya bukan warga Kelurahan Bilokka, tapi saat saya tanya ke pegawainya tetap bisa dilayani,” tambahnya.

Senada dengan Marwi, Erni yang juga berkunjung ke layanan jemput bola ini mengaku sangat dimudahkan untuk mendaftarkan anaknya sebagai peserta JKN serta melakukan perubahan data kepesertaan JKN miliknya. Ia juga bisa menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada pegawai yang bertugas.

“Saya bersyukur karena layanan yang dihadirkan BPJS Kesehatan ini bisa mengurangi jarak dan waktu kami saat harus mengakses layanan kepesertaan JKN. Apa lagi saya baru saja melahirkan, jadi belum ada waktu kalau harus ke kantor BPJS Kesehatan karena harus mengurus anak saya yang masih bayi,” terang Erni.

Kepada Tim Jamkesnews, Erni juga menceritakan jika dirinya benar-benar merasakan manfaat karena terdaftar sebagai peserta JKN. Ia memanfaatkan program JKN saat melahirkan anaknya melalui operasi sesar tanpa perlu menghawatirkan biaya pelayanan yang besar.

“Kekhawatiran saya seketika hilang saat disampaikan oleh petugas kalau seluruh biayanya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Awalnya saya mau melahirkan normal saja, tapi karena ukuran bayi saya tergolong besar jadi dari pihak puskesmas memberikan rujukan ke Rumah Sakit Fatima Parepare,” pujinya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful mengatakan bahwa kegiatan BPJS Keliling ini merupakan upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kepuasan peserta serta sebagai bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang.

“Layanan BPJS Keliling ini dapat memberikan pelayanan administrasi kepesertaan yang lebih mudah kepada masyarakat. Peserta yang membutuhkan bisa datang langsung dan dilayani oleh pegawai yang bertugas,” ujar Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati berharap semoga dengan kegiatan ini, BPJS Kesehatan jadi lebih dekat dengan masyarakat sampai ke pelosok sehingga seluruh peserta JKN mendapatkan informasi dan layanan administrasi yang setara.

“Semoga masyarakat yang berkunjung jadi lebih paham pentingnya memiliki jaminan kesehatan dan bisa kembali menyosialisasikan Program JKN kepada kerabatnya,’’ tutupnya. (***)

  • Bagikan