Festival UMKM Kembali Digelar Pemkot Parepare Kolabkrasi HIPMI

  • Bagikan

PAREPARE,BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota Parepare bekerjasama HIPMI Parepare menggelar even besar yaitu, Festival UMKM yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 hingga 31 desember 2023.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare, Basuki Busrah menjelaskan, Ekspo UMKM ini adalah agenda yang diharapkan bisa menjadi tempat UMKM untuk meningkatkan omzet, dan dapat mengenalkan produk-produk lokal ke masyarakat.

“Kita juga menghadirkan UMKM yang dari luar untuk menjadi parameter, pembanding kepada umkm Kota Parepare. Jadi sekitar 60 tenant yang dihadirkan dan kita peruntukan untuk semua UMKM,”Jelas Basuki.

Hanya saja, lanjut BAsuki, karena kapasitas pendanaan atau pembiayaan dari pemerintah daerah hanya 30 tenant gratis, Pemerintah meminta kerjasama dari HIPMI untuk berkolaborasi agar tetap mengakomodir masyarakat yang masih mau berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“meskipun tenant itu pada akhirnya juga berbiaya tapi biaya sangat murah dan malah membantu umkm. Karena bukan hanya tenant yang kita sewa tapi di sana ada entertainer. selama 4 hari kita full music dan kemudian full game, dan juga even-even seperti make up kompetisi, fashion show dan ada beberapa even lainnya.

Hadirnya even-even tersebut kata dia, untuk menjadikan ajang kreatifitas, ajang pertumbuhan ekonomi, bagaimana mendorong ekonomi dengan melibatkan UMKM. Juga dalam kegiatan tersebut sambungnya, dilaksanakan seminar digital marketing yang diperuntukan untuk UMKM.

Sementara, Ketua HIPMI Kota Parepare Samsul Rijal Madani, mengapresiasi atas dukungan dari Pemerintah Kota terhadap para umkm-umkm khususnya umkm di Kota Parepare. kolaborasi yang menarik ini harapannya, bahwa pengusaha di parepare naik kelas dengan pola seperti ini.

“karena materi tanpa aksi itu percuma dan ini barengan ada materi dan ada aksi lapangan. jadi kita harapkan pemerintah memberikan ruang bagi umkm untuk memberikan market karena dengan hadirnya ekspo umkm ini membawa market,”tandas Rijal.

Ia juga berharap melalui festival UMKM ini, para pelaku usaha bisa mempromosikan produknya, sehingga bisa berkesinambungan kegiatan-kegiatan seperti ini di Kota Parepare.

“Karena edukasi yangg terbaik dari seorang pengusaha bagaimana kemudian dia belajar kemudian dipraktekkan di lapangan. Jadi semoga tidak hanya sampai disini, seluruh skpd di kota parepare bisa melaskanakan even-even yang bisa melibatkan para umkm di kota parepare,” pungkasnya.

  • Bagikan