Kecelakaan Kerja Tewaskan Puluhan Pekerja di Morowali, Mahfud MD Ingatkan Pemerintah Tidak Gila Investasi

  • Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. mengingatkan Pemerintah untuk bertindak tegas dan tidak tergila-gila pada investasi.

Hal tersebut disampaikan Mahfud sebagai tanggapan atas kecelakaan kerja akibat tungku smelter di kawasan industri PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Minggu (24/12).

Di Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (27/12/2023), Mahfud menegaskan, pemerintah harus tegas, jangan tergila-gila pada investasi, tetapi warganya sendiri menjadi korban.

Ia juga menekankan bahwa setiap investasi dan pembangunan di Indonesia harus mengutamakan kepentingan warga negara.

“Kalau investasi besar-besaran, warga negaranya tidak terlindungi keselamatannya, itu tidak boleh terjadi,” tambah Mahfud, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Dalam konteks ini, Mahfud mengingatkan Pemerintah untuk memastikan keamanan dan keselamatan warganya, terutama yang bekerja di kawasan industri.

“Pemerintah harus tegas bahwa yang beroperasi di Republik Indonesia harus sesuai dengan aturan-aturan dan harus menjamin keamanan. ‘Kan ini sudah beberapa kali terjadi. Kalau kami mau masuk, sulit dengan aturan ini, alasan ini, itu, dan sebagainya,” ujarnya.

Mahfud menyebut bahwa Pemerintah telah menghentikan operasi PT ITSS setelah kecelakaan kerja tersebut.

  • Bagikan