Pj Wali Kota dan Komisioner Baru KPU Parepare Bahas Sinergitas dalam Pelaksanaan Pemilu

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Pejabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali menerima kunjungan audiensi komisioner KPU periode 2023-2028.

Kunjungan itu, berlangsung di Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 3 Januari 2024. Ketua KPU Kota Parepare, Muh Awal Yanto memimpin kunjungan itu, didampingi empat komisioner lainnya. Yakni, Kalmasyari, Ilham H Muhtar, Nur Islah, dan Ahmad Perdana Putra. Hadir juga Sekretaris KPU Kota Parepare, Santoso.

Lalu hadir Sekretaris Daerah Kota Parepare, HM Husni Syam, Asisten II Andi Adrian, Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rustan Astan.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengatakan, audensi ini untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan komisioner baru KPU.

“Kami semua, dari pemerintah dan masyarakat Parepare sangat berharap kepada bapak ibu (komisioner baru) untuk menyukseskan pemilu legislatif dan kepada daerah. Saat ini, tahapannya sudah berjalan,” katanya.

Menurutnya, komisioner baru ini memiliki integritas yang tidak perlu diragukan. Termasuk, memiliki berbagai pengalaman.

“Meski ada pergantian, saya tidak meragukan lagi komisioner baru KPU. Saya mengetahui dan pernah merasakan langsung bagaimana proses-proses seleksi calon komisioner, yang sangat ketat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pertemuan ini sangat perlu dilakukan dalam menyatukan visi demi menyukseskan pesta demokrasi baik itu pemilu dan pemilihan kepala daerah.

“Maka, kami dari pemerintah kota sangat memandang perlu (pertemuan ini) demi menjalin koordinasi dengan komisioner KPU yang baru. Kami bersinergi dalam rangka melanjutkan program-program yang sudah dilakukan oleh komisioner sebelumnya, kita lanjutkan bersama-sama,” jelasnya.

Dia berharap, sinergitas antara Pemkot dan Komisioner KPU Parepare dapat terus berjalan dengan baik dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi yang saat ini sedang berlangsung. Sehingga diharapkan, pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik.

“Kami juga menyampaikan kepada teman-teman komisioner baru. Alhamdulillah, pemerintah kota sudah mengalokasikan anggaran 100 persen yang sesuai dengan kebutuhan penyelenggara pemilu. Baik itu, KPU maupun Bawaslu, itu semua sudah terealisasi. Termasuk aspek personel kita juga telah memberikan bantuan kepada kesekretariatan KPU,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini tahapan pemilu sudah berjalan, dan yang paling krusial saat masa kampanye.

“Jadi saya harap ada sinergitas seluruh stakeholder yang terbangun baik. Kami akan memberikan dukungan sebatas kewenangan yang berlaku,” ujarnya.

Sekretaris KPU Parepare, Santoso menyampaikan, hingga saat ini semua tahapan sudah sesuai, 1-2 hari surat suara akan tiba dan dijemput langsung, begitupun dengan bilik suara dan kotak suara saat ini sudah ada di gudang.

“Lima surat suara akan kita bawa ke gudang logistik dan disortir di sana. Kita juga sudah merekrut 395 anggota KPPS 395 yang ditugaskan di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Parepare,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan