BI Prediksi Ekspor Melemah dan Digantikan Konsumsi Domestik, Ini Kata Pengamat

  • Bagikan
IST

“Tidak hanya itu, pertumbuhan konsumsi juga dapat memberikan dorongan terhadap sektor ritel, perumahan, dan layanan konsumsi lainnya,” tambah Muttalib.

Adapun tantangan terhadap ekonomi yang bergantung pada konsumsi domestik adalah bisa meningkatkan risiko ketidakseimbangan ekonomi, terutama jika ekspor melemah.

“Kebergantungan pada konsumsi masyarakat bisa membuat perekonomian lebih rentan terhadap fluktuasi dalam tingkat konsumsi, karena perilaku konsumen bisa berubah dalam kondisi tertentu,” ujarnya.

Dia melanjutkan, diversifikasi ekonomi melalui ekspor dapat membantu mengurangi risiko kebergantungan pada satu sektor atau pasar tertentu.

“Ekspor dapat terpengaruh oleh faktor eksternal seperti ketidakstabilan ekonomi global, perubahan kebijakan perdagangan, dan fluktuasi mata uang,” tambah Muttalib.

Olehnya perbaikan Ekonomi Melalui Faktor Internal sangat diperlukan seperti kenaikan gaji ASN, penyelenggaraan pemilu, dan pembangunan Infrastruktur Ketenagakerjaan Nasional (IKN) menjadi faktor-faktor kunci yang diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Muttalib juga mengatakan, keberhasilan perekonomian seringkali terletak pada keseimbangan antara permintaan domestik dan luar negeri.

“Dalam konteks ini, penting untuk mempertimbangkan fleksibilitas dan ketahanan ekonomi. Perekonomian yang dapat beradaptasi terhadap perubahan dalam dinamika global dan memiliki keseimbangan antara sektor-sektor yang berbeda akan lebih mampu menghadapi tantangan dan menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tutupnya. (Hikmah)

  • Bagikan