Terima Kunker Pj Gubernur, Akbar Ali Harap Parepare Jadi Miniatur Singapura

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN FAJAR.CO.ID — Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menggelar kunjungan kerja (kunker) di Kota Parepare, Senin (1/8/2024) sore.

Dalam kunker itu, ada berbagai agenda yang dilakukan. Salah satunya,
bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopimda), KPU, Bawaslu dan tokoh masyarakat, di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Parepare.

Hadir pada kegiatan itu, Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, Sekretaris Daerah Kota Parepare, HM Husni Syam, Kapolres Kota Parepare, AKBP Arman Muis, Dandim 1405/Parepare, Letkol Inf Hastiar Hatta, Komandan Brimob Kompol Ramli, Wakil Ketua DPRD Rahmat Sjmasu Alam, Kepala Kejaksaan Negeri Edi Dikdaya, Ketua Bawaslu Muh Zainal Asnun, Ketua KPU Muhammad Awal Yanto.

Lalu, hadir pula jajaran Asisten, Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah di lingkup Pemkot Parepare. Termasuk, pimpinan perbankan se-Kota Parepare

Pada kesempatan itu, Akbar Ali mengungkapkan, meski Parepare adalah kota kecil. Namun Parepare
adalah kota yang strategis dalam investasi, yang diharapkan bisa jadi miniatur Singapura.

“Meskipun kota kecil namun bisa menjadi kota miniatur Singapura yang strategis dalam investasi. Mudah-mudahan bisa terwujud,” kata Akbar Ali di awal sambutannya.

Dia mengatakan, kehadiran Pj Gubernur Sulsel di Parepare tentunya dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antara Pemkot Parepare dan Pemprov Sulsel.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Parepare,” katanya.

Di hadapan Pj Gubernur Sulsel, Akbar Ali juga memaparkan terkait kondisi geografis Kota Parepare yang memiliki luas 99,33 km2, yang terdiri dari 4 kecamatan dan 22 kelurahan.

“Dibandingkan dengan daerah lainnya di Sulawesi Selatan, Kota Parepare dapat dikatakan daerah yang relatif kecil luas wilayahnya. Namun demikian kota yang berpenduduk 158.430 jiwa ini terus berkembang sebagai sebuah kota yang maju terutama dalam bidang jasa dan niaga,” jelasnya.

Selain itu, Akbar Ali juga menyampaikan, sekitar Rp24 miliar dana hibah penyelenggaran Pemilu di Kota Parepare telah disalurkan. Terdiri dari Rp19 miliar untuk KPU dan Rp miiliar untuk Bawaslu.

“Sementara di anggaran perubahan 2023 ada tambahan Rp 9,6 miliar yang ditujukan untuk KPU Rp 7,6 miliar dan Rp 2 miliar untuk Bawaslu,” jelasnya.

Dia berharap Pemkot Parepare dapat terus meningkatkan sinergitas dengan
Pemprov Sulsel.

Sementara, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin berharap Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah beserta Forkopimda bisa bersama-sama dalam membangun Kota Parepare.

“Karena, semua penyelengara negara itu, tujuannya sama saja. Semuanya itu mengharapkan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan. Tujuanya menghadirkan kebahagiaan lahir dan batin bagi warga negara,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan