Pj Gubernur Sulsel Puji Inovasi ‘KOPI’ Pemkot Parepare dalam Penanganan Inflasi

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Inovasi Kios Pengendalian Inflasi Kota Parepare atau disingkat ‘KOPI’ mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Apresiasi itu, disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di sela-sela pemantauan harga komoditas di Pasar Sentral Lakessi, Kota Parepare, Selasa (9/1/2024) pagi.

Hadir Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali,
Kepala BPS Kota Parepare Suparno, Komandan Brimob Kompol Ramli, dan sejumlah jajaran pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Kota Parepare.

“Saya atas nama Pemprov Sulsel, memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Penjabat Wali Kota Parepare dan tim pengendali inflasi daerah yang berhasil melakukan langkah cepat dan inovasi dalam pengendalian inflasi,” kata Bahtiar Baharuddin didampingi Pj Wali Kota Parepare.

Dia mengatakan, inflasi Year on Year di Parepare sekitar 2,22 persen. Sedangkan, inflasi Year on Year 2,71 persen.

“Jadi Kota Parepare ini inflasinya di bahwa nasional, termasuk baik dan berprestasi terbaik di seluruh Indonesia,” katanya.

Terkait itu, kata Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, ternyata keberhasilan Pemkot Parepare dalam menekan inflasi melalui program ‘KOPI’ denga menggelar berbagai kegiatan.

“Ini mereka melakukan kegiatan secara masif (KOPI). Minimal, dua kali seminggu itu mereka (Pemkot Parepare) mengadakan kegiatan pasar murah, operasi pasar dan hampir seluruh aktivitas masyarakat di kota ini, itu digunakan untuk kegiatan pengendalian inflasi,” jelasnya.

Dia mengatakan, inovasi KOPI ini adalah kegiatan yang sangat baik. Menurutnya Parepare adalah kota barometer, termasuk kota sumber referensi dalam perhitungan inflasi di Sulsel.

“Dan ini bisa terjadi, karena ada kerja sama yang baik. Termasuk, rekan-rekan Forkopimda, Pak Kapolres, Pak Dandim, Kejaksaan dan seluruh masyarakat Parepare,” ungkapnya.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dalam kunjungannya di Kota Parepare.

Lebih lanjut, kata dia dengan adanya kunjungan ini Pemkot Parepare semakin bersemangat dalam melaksanakan seluruh program-program pemerintah pusat, khususnya dalam delapan program prioritas, salah satunya adalah penanganan inflasi.

“Pak Gubernur Sulsel, telah melihat secara nyata apa yang kami lakukan bersama dengan seluruh unsur pemerintah, instnasi vertikal dan sebagainya bersama-sama untuk menggalang inflasi,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan