Kota Makassar Urutan ke-3 Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terbaik

  • Bagikan
PJ Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra (kedua dari kiri) menerima SK Hasil ELPPD 2023.

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota Makassar masuk 10 besar penyelenggaraan pemerintah terbaik. Bertengger di posisi tiga dengan nilai 3,5660.

Raihan tersebut termaktub dalam Surat Keputusan atau SK Menteri Dalam Negeri tentang hasil Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (ELPPD) 2023, terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2022.

SK tersebut diterima oleh PJ Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra. Pada Kamis (18/01/2024) di Jakarta.

“Alhamdulillah Kota Makassar meraih peringkat ke-3 LPPD 2023 atas penilaian LPPD 2022. Dua Tahun berturut-turut Makassar kembali masuk dalam kategori 10 besar penilaian LPPD,” kata Firman.

Firman menjelaskan ada ratusan indikator penilaian yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri dalam menentukan kota dengan kinerja terbaik atau tertinggi nasional.

Beberapa indikator tersebut, diantaranya laporan capaian kinerja makro, akuntabilitas kinerja pemerintah, penerapan standar pelayanan minimal, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah dan indikator lain seperti kebijakan, kelembagaan, dan sumber daya manusia pada otonomi daerah.

“Capaian ini merupakan kerjasama antar OPD dan dukungan masyarakat sehingga prestasi ini dapat diraih oleh Pemerintah Kota Makassar,” katanya.

  • Bagikan