Pemkot Parepare Target Piala Adipura

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Kota Parepare, kembali menegaskan komitmennya untuk meraih piala Adipura pada penilaian tahun ini.

Maka dari itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan penilaian Adipura dengan melibatkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Termasuk melibatkan kepala sekolah dan direktur rumah sakit, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 24 Januari 2024.

Sekretaris Daerah Pemkot Parepare, HM Husni Syam hadir memimpin rakor itu, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, Susiana.

HM Husni Syam mengatakan, rakor ini untuk mengetahui kondisi Parepare dalam rangka meningkatkan pengelolaan kebersihan kota.

“Parepare ini, harus menjadi kota yang bersih dan indah. Sehingga, kalau kota itu bersih dan indah tentu masyarakat dari berbagai daerah berbondong-bondong datang di Kota Parepare,” katanya.

Menurutnya, dengan banyaknya pengunjung yang datang di Parepare, tentu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Nah, itulah gunanya kita melakukan pertemuan semacam ini. Dan dalam pertemuan ini banyak yang kita bahas. Terutama, terkait titik-titik ruas jalan yang perlu dilakukan pembenahan kebersihannya. Termasuk, beberapa taman yang ada di Parepare untuk dikelola dengan baik agar lebih bersih dan indah,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Pemkot Parepare telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut penilaian adipura. Salah satunya, dengan intens melakukan koordinasi antara DLH dan SKPD.

“Alhamdulillah, tadi juga sudah dilakukan pemantauan di beberapa titik lokasi (Parepare). Namun, masih ada beberapa yang perlu dilakukan pembenahan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, persoalan kebersihan ini, bukan hanya pekerjaan dari DLH tetapi semua pihak, baik itu instansi vertikal BUMN, BUMD dan masyarakat itu sendiri.

“Bagaimana upaya kita dalam rangka pengelolaan kota itu agar lebih baik. Mari kita menjaga kebersihan lingkungan kita masing-masing, dengan membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya,” ungkapnya.

Sementara Kepala DLH Kota Parepare, Susiana mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan waktu sebelum penilaian, dengan melakukan pembenahan-pembenahan, sebagaimana instruksi Pj Wali Kota Parepare melalui Sekretaris Daerah.

“Pastinya pemerintah siap untuk penilaian Adipura ini. Dan target kita kembali meraih Adipura untuk Kota Parepare,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan