Kampanyekan HGN ke-64, Komitmen Pemkot Cegah Stunting dan Obesitas di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan mengkampanyekan aksi cegah stunting dan obesitas, di Lapangan Andi Makkasau, Kamis (25/1/2024).

Kampanye itu, merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-64, dengan mengusung tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Noldy Yoseph Rengkuan hadir membuka kegiatan itu. Lalu, hadir pula sejumlah pimpinan SKPD,
dan organisasi profesi mitra kerja Dinas Kesehatan.

Dalam sambutannya, Noldy menyampaikan bahwa HGN yang diperingati setiap 25 Januari merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen dari berbagai pihak dalam membangun gizi yang sehat.

“Pentingnya Hari Gizi Nasional sebagai momentum untuk menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dalam membangun gizi Indonesia sehat” katanya.

Dia menjelaskan, HGN ini bertujuan untuk menuju Indonesia sehat melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, serta mendorong pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dalam bidang kesehatan.

“Untuk memaksimalkan penurunan stunting maka kunci utama adalah kesadaran orang tua terkait dengan pentingnya gizi anak perlu ditingkatkan. Tidak hanya dimulai dari ketika anak lahir, melainkan juga semenjak periode kehamilan,” harapnya.

Melalui kegiatan ini, kata dia Pemkot mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk belajar lebih detail tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, terutama mencegah stunting bagi anak-anak.

“Mari kampanyekan asupan gizi seimbang, terutama protein hewani untuk mendukung Indonesia yang bebas dari stunting” tandasnya.(rud)

  • Bagikan