Kreatif, Pemkot Parepare Gelar Lomba Memasak Cegah Stunting

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Guna meningkatkan pemahaman kader posyandu mengenai pentingnya makanan pendamping air susu Ibu (MP ASI) yang sehat dan bergizi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan menggelar lomba kreasi memasak dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64, di lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Kamis, 25 Januari 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Rahmawaty mengatakan, bahwa lomba kreasi memasak MP ASI sehat dan bergizi ini, merupakan komitmen Pemkot Parepare dalam hal penanganan stunting.

Menurutnya, kegiatan ini sesuai arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare. Di mana, pada lomba ini dikhususkan bagi kader posyandu, agar nantinya menjadi perpanjangan tangan bagi pemerintah dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Kami libatkan kader posyandu karena kader inilah yang berinteraksi langsung dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya MP ASI untuk mencegah stunting,” katanya.

Dia menjelaskan, ada delapan tim yang merupakan perwakilan dari setiap puskesmas turut berpartisipasi dalam lomba ini. Termasuk dengan menghadirkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare sebagai dewan juri.

“Selain dari bahan baku, proses pengolahan, keindahan dan cita rasa akan menjadi poin penilaian, Untuk juara satu 1 sampai 3 akan mendapatkan hadiah serta uang pembinaan,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, bahwa lomba ini merupakan langkah inovatif untuk memberdayakan kader posyandu dalam peran mereka sebagai pelopor gizi anak.

Sebab, kata dia kader posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan edukasi kepada ibu-ibu di masyarakat tentang pentingnya memberikan MP ASI yang sehat dan bergizi.

“Melalui lomba ini, kita berharap dapat menginspirasi mereka untuk terus mencari cara kreatif dalam meningkatkan gizi anak-anak,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan