Deteksi Dini Kanker Payudara, Semakin Cepat Tertangani Semakin Besar Harapan Hidup

  • Bagikan
Dokter Spesialis Bedah Payudara, Dr. dr. Alfiah Amiruddin dalam kunjungannya ke kantor Harian Rakyat Sulsel, Kamis (25/1/2024)

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Salah satu penyakit berbahaya nan mematikan yang banyak diderita perempuan di seluruh dunia adalah kanker payudara.

Dokter Spesialis Bedah Payudara, Dr. dr. Alfiah Amiruddin dalam kunjungannya ke kantor Harian Rakyat Sulsel, Kamis (25/1/2024) mengungkapkan kanker payudara saat ini sudah jadi masalah dunia termasuk di Indonesia, Sulsel khusunya Makassar.

Menurut dr Alfiah, kanker payudara bisa menyerang siapa. olehnya penting pemeriksaan berkala mulai dari puting, payudara hingga ketika.

“Kanker payudara ini bisa menyerang siapa saja tidak hanya wanita tetapi juga laki-laki meski tingkat kejadiannya kurang 1 persen. Bapa-bapak juga harus tahu meski bukan yang mengalami namun bisa juga di infokan ke orang terdekat,” ucap Alfiah membuka podcast Harian Rakyat Sulsel.

Menurut dia, hingga saat ini penyebab utama kanker payudara belum pasti. Berbeda dengan kanker serviks yang sekarang ini sudah semakin jelas peran suatu virus HVV yang menyebabkan kanker serviks tetapi tidak begitu untuk payudara.

Saat ini kanker servis sudah menurun dan digantikan kanker payudara menempati posisi pertama penyebab kematian penyakit keganasan pada perempuan.

“Jadi sangat- sangat menakutkan dan memilukan karena kita tau saat kita menstruasi, ancaman sudah mengarah ke kita,” pungkasnya.

dr Alfiah mengatakan, hal dinj yang perlu dilakukan untuk mengecek oayu dara adalah kita harus melakukan sadari setiap satu bulan sekali, satu Minggu setelah bersih darah haid.

  • Bagikan