Jelang Pemilu KPU Torut Gelar Simulasi

  • Bagikan
Simulasi pemungutan perhitungan dan rekapitulasi perhitungan suara serta penggunaan sirekap dalam pemilu 2024

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Toraja Utara (Torut) gelar simulasi pemungutan perhitungan dan rekapitulasi perhitungan suara serta penggunaan sirekap dalam pemilu 2024 di Sangbua, lembang Sangbua kecamatan Kesu’ kabupaten Toraja Utara (Torut), Senin, 29 Januari 2024.

Menurut komisioner KPU Torut devisi teknis penyelenggaraan, Semuel Rianto Tappi atau yang akrab disapa Tegas kepada media disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa simulasi tersebut bertujuan agar petugas secara khusus KPPS bisa memahami tugas masing-masing demi berjalanannya proses pemungutan hinggap rekap dan penggunaan aplikasi sirekap nantinya.

Dijelaskan bahwa dalam simulasi tersebut melibatkan KPPS di TPS 2 Sangbua, masyarakat yang masuk di TPS 2. Dimana untuk Lembang Sangbua jumlah DPT mencapai 904 dan untuk TPS 2 tersebut jumlah DPT 299 pemilih. Dan dalam kegiatan simulasi tersebut semua kejadian khusus harus dicatat dalam form yang telah disiapkan.

Dirinya berharap dengan adanya simulasi tersebut penyelenggara bisa memahami tugas pokok dan tanggungjawab, dan berharap pertisipasi pemilih dalam pemilu bisa mencapai 85 persen serta berharap dalam pemilu sinergitas antar semua adhoc yang terkait dapat terjalin dengan baik demi suksesnya pemilu.

Senada dengan ketua ketùa PPK Kesu’, Bastian Sarapang kepada rakyatsulsel.co disela-sela mengatakan bahwa kegiatan sangat membantu bagi petugas KPPS dalam melaksanakan nanti, setelah sebelumnya telah dibimtek dan hari ini dilanjutkan dengan simulasi hari ini. Dengan melibatkan petugas KPPS TPS 2 Sangbua bersama PPS dan telah menyampaikan kepada KPPS lain untuk datang melihat proses pemungutan, perhitungan dan rekap hingga penggunaaan aplikasi sirekap. Dan juga menjadi anjang sosialisasi kepada masyarakat tentang cara dalam menyalurkan hak suara mereka di TPS nantinya.

Dirinya berharap dengan adanya stimulasi tersebut dapat menambah pengetahuan petugas KPPS untuk

“saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu KPPS dalam melaksanakan tugas nantinya demi berjalanannya pemilu dengan aman sesuai harapan kita bersama,” pungkas Bastian.

Diketahui dalam kegiatan tersebut melibatkan semua stakholder terkait, termasuk masyarakat. (Cherly)

  • Bagikan