Juara Roaster Kopi Dunia Berbagi Ilmu di Workshop Kopidukasi

  • Bagikan
Workshop Roasting Kopidukasi dihadiri puluhan peserta

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Seiring besarnya minat dunia terhadap kopi, berbagai profesi yang berkenaan dengan minuman bercitarasa pahit ini bermunculan dan sangat digandrungi anak muda.

Satu dari banyak profesi yang digandrungi adalah Coffee Roaster. Meski memiliki banyak peminat, profesi ini membutuhkan keahlian sendiri.

Salah satu yang terkenal diprofesi Coffee Roaster ini adalah Taufan Mokoginta. Pria kelahiran Jakarta ini berhasil memenangkan kejuaraan dunia di ajang “World Coffee Roasting Championship 2023” di Taipei November 2023 lalu.

Berkat skill yang mempuni di Dunai Roaster, kebersihan Taufan ikut dibagikan dalam workshop yang digelar LKP LPK Kopidukasi. Kopidukasi sendiri merupakan lembaga pelatihan resmi di Indonesia yang baru kali pertama menggelar workshop Roaster di Makassar.

“Dalam kegiatan ini kami memberikan beberapa materi. Sebelumnya, mereka harus menjadi Roaster minimal 1 tahun. Materinya biasanya bagaimana meroaster kopi. Kelas ini adalah gabungan dari banyak materi yang kemudian disimpulkan. Disini kami banyak membahas angka-angka dan beberapa patokan yang diberikan,” Jelas Taufan Senin (29/1/2023).

Menurut Taufan, yang terpenting dalam dunia Roaster selain skill mengolah kopi, skill berbahasa inggris juga sangat dibutuhkan. “Memahami dunia kopi membutuhkan waktu yang tidak sebentar,” pungkasnya.

Direktur LKP kopidukasi, Irsan Yumenk menjelaskan di tahun 2024 ini pihaknya fokus menggelar berbagai workshop atau kelas kopi. Khusus kegiatan kali ini kelas yang di buka adalah kelas khusus Roaster dengan menghadirkan Juara Roaster dunia, Taufan Mokoginta.

“Di 2024 ini kami fokus mengadakan berbagai kelas. Setelah kegiatan ini kami akan adakan berbagai kelas di Makassar,” ujarnya.

Irsan mengungkap, sejauh ini antusias para peserta cukup besar. “Ketika saya blast player lebih banyak dari Indonesia Timur seperti Gorontalo, Papua, Kendari, Polman dan kabupaten-kabupaten yang mendaftarkan diri, sisanya dari Makassar. Setelah kuota full masih banyak lagi yang mau mendaftar, namun kita batasi 16 orang peserta untuk efisiensi tempat. Teman-teman di Makassar banyak yang tidak dapat slot.,” Ungkapnya.

“Kegiatan ini digelar hanya sehari selama 4 jam. Syaratnya menjadi peserta master class minimal 1 tahun profesi Roaster. Materinya hard skill. Benefitnya selain upgrade knowledge di dunia kerja, ketemu pesaing, dan koneksi profesi. Peserta juga bisa mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan melamar kerja. Kopidukasi merupakan lembaga yang terakreditasi dan berhak mengeluarkan sertifikat.,” tambahnya.

Irsan berharap, kegiatan ini mampu menghidupkan semangat para Roaster bahwa Indonesia bisa juga menjadi juara dunia, menjadi pemenang dari 25 Negera lainnya. Berikutnya, Kelas bahasa Inggris akan dibuka Kopidukasi. (Hikma)

  • Bagikan