Lomba Matematika Nasional “Prisma” Kembali Digelar Unismuh Makassar

  • Bagikan
Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar kembali mengadakan Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika Tahun 2024 (Prisma ‘24). Lomba ini menyasar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, dan SMA/Sederajat.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar kembali mengadakan Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika Tahun 2024 (Prisma ‘24). Lomba ini menyasar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, dan SMA/Sederajat.

Prisma ’24 menghadirkan konsep lomba yang berbeda dengan melibatkan Tahap Penyisihan Rayon secara daring melalui aplikasi resmi Prisma yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Tahap selanjutnya, Penyisihan Nasional, akan dilaksanakan secara offline.

Tema tahun ini, “Eksplorasi Estetika Matematika melalui Berpikir Logis dan Kritis,” yang diharapkan dapat memupuk cinta terhadap matematika dengan segala keindahannya.

Sebanyak 60 rayon tersebar di seluruh Indonesia akan dibuka pada Prisma Tahun 2024. Tahapannya mencakup Penyisihan Rayon dan Penyisihan Nasional. Babak Penyisihan Rayon akan menyaring siswa-siswi dari setiap daerah, dan 3 tim terbaik dari masing-masing tingkatan akan melanjutkan ke Tahap Nasional.

“Sebanyak 540 tim atau 1080 peserta akan bersaing pada Tahap Nasional, melibatkan Tahap Nasional I dan II, Semifinal, dan Final. Tahap Nasional akan dilaksanakan secara offline pada 20-22 Februari 2024,” ungkap Abdillah Khofial Luthfi, Ketua Panitia.

Ketua Umum HMP Pendidikan Matematika, Andi Mushowwir Muqsith, menyampaikan bahwa Prisma sebelumnya diikuti oleh lebih dari 1000 peserta terbaik dari berbagai daerah di Indonesia, menunjukkan popularitasnya di kalangan siswa-siswi.

Lomba ini memperebutkan Piala Bergilir Rektor Universitas Muhammadiyah Makasasar untuk tingkat SD/Sederajat, Piala Bergilir Provinsi Sulawesi Selatan untuk tingkat SMP/Sederajat, dan Piala Bergilir Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk tingkat SMA/Sederajat.

Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. KH Mawardi Pewangi, M.Pd,I, memberikan apresiasi atas kegiatan ini sebagai sarana untuk memperkenalkan Unismuh Makassar lebih luas kepada siswa-siswi se-Indonesia.

Dengan semangat kolaborasi, diharapkan Prisma Tahun 2024 dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa-siswi se-Indonesia, turut berperan dalam kemajuan pendidikan Indonesia.

Pendaftaran dapat dilakukan mulai 01 Januari hingga 01 Februari 2024. Jadwal pelaksanaan meliputi Penyisihan Rayon pada 03 Februari 2024 secara daring, dan Penyisihan Nasional pada 20-22 Februari 2024 secara offline. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi https://prisma24unismuhmks.id. (*)

  • Bagikan