Capai Akreditasi Unggul, Saatnya Unismuh Makassar Menuju Akreditasi Internasional

  • Bagikan
Sekertaris Badan Penjaminan Mutu Unismuh Makassar, Dr. Amrullah Mansida, S.T., MT. Asean Eng.IPM saat menyambangi Kantor Harian Rakyat Sulsel di Ruko Permata No 25 Jl Alauddin Makassar, Selasa (30/1/2024).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tiga tahun berupaya mengejar akreditasi unggul, usaha Unismuh Makassar kini berbuah manis sekaligus menjadi kebanggaan bagi kampus biru.

Rasa bangga dan syukur ini disampaikan langsung Sekertaris Badan Penjaminan Mutu Unismuh Makassar, Dr. Amrullah Mansida, S.T., MT. Asean Eng.IPM saat menyambangi Kantor Harian Rakyat Sulsel di Ruko Permata No 25 Jl Alauddin Makassar, Selasa (30/1/2024).

Pada sesi podcast bersama Harian Rakyat Sulsel, Amrullah mengungkapkan akreditasi unggul ini telah diidam-idamkan sejak tahun 2020 ketika Rektor Unismuh Prof Ambo Asse terpilih menjadi nahkoda Unismuh.

“Akreditasi unggul ini semua perguruan tinggi mengidamkan. Kalau dulu predikat akreditasi unggul disebut akreditasi A , suku ada akreditasi A, B dan C, sekarang telah dirubah menjadi akreditasi Unggul, Baik Sekali, dan Baik,” jelasnya.

Amrullah menjelaskan, untuk meraih akreditasi unggul sungguh tidak mudah, perlakuannya lebih ketat, sangat dipengaruhi PPEPP yang dikontrol Badan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi atau Asesor yang dikunci dengan 5 hal yakni penetapan standar, pelaksana standar, evaluasi pengendalian dan peningkatan untuk menjalin mutu institusi.

“Unismuh Makassar sudah melalui semua proses ini selama 3 tahun, sebelumnya selalu mendapat akreditasi B. Namun di saat terpilihnya pak Rektor di tahun 2020 lalu, kami menargetkan agar Unismuh Makassar menjadi Universitas Unggul,” pungkasnya.

“Ini melelahkan sebab ada 24 standar yang harus di penuhi, 8 standar pendidikan, 8 standar penelitian dan 8 PKM, namun Unismuh menambahkan standar lain,” sambungnya

Amrullah mengungkapkan, ini merupakan langkah awal. Akreditasi Unggul ini merupakan target awal Unismuh menjadi kampus unggul terpercaya dan mandiri.

  • Bagikan