Optimalkan Kecepatan dan Akurasi, Pemkot Apresiasi Simulasi Pemilu dan Aplikasi Sirekap KPU Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, yang diwakili oleh Kepala Satpol PP Parepare, Andi Ulfah Lanto, mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan simulasi pemungutan dan perhitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare.

Simulasi itu, dirangkaikan dengan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), di depan Kantor KPU Kota Parepare, Rabu, 31 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Ulfah Lanto mengatakan, simulasi ini bukan hanya sebuah rutinitas teknis, melainkan langkah konkret dalam menjamin pelaksanaan Pemilu yang transparan dan akuntabel di Parepare.

Dia menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk nyata dari kesiapan menghadapi pesta demokrasi, di mana pemungutan dan perhitungan suara menjadi fondasi utama kepercayaan masyarakat terhadap integritas pemilihan.

“Dengan adanya simulasi, dapat mengidentifikasi potensi permasalahan, merancang solusi, dan memastikan setiap tahap pemilihan berjalan dengan lancar,” katanya.

Dia menjelaskan, penggunaan aplikasi Sirekap ini, sebagai sistem informasi rekapitulasi, yang memberikan keunggulan dalam efisiensi dan akurasi.

“Dengan teknologi ini, kita dapat meminimalkan risiko kesalahan dan memastikan data tercatat dengan tepat. Ini adalah langkah positif dalam mewujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas,” jelasnya.

Menurutnya, kecepatan dan akurasi hasil yang dihasilkan oleh Sirekap akan memperkuat integritas dan legitimasi pemilihan.

“Sistem ini memungkinkan kita untuk mencatat dan menyajikan hasil pemilihan dengan lebih cepat dan akurat. Kecepatan dan akurasi inilah yang akan memperkuat integritas dan legitimasi hasil pemilihan,” ungkapnya.

Karena itu, dia mengapresiasi
penyelenggaraan simulasi ini, dan memberikan penghargaan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan, termasuk penyelenggara Pemilu, tim teknis, serta semua stakeholder terkait.

“Atas terselenggaranya kegiatan ini, saya atas nama Pemerintah Kota Parepare memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan simulasi, baik penyelenggara Pemilu, tim teknis, maupun semua stakeholder terkait,” pesannya.

Ia berharap simulasi ini menjadi momentum untuk mendorong semangat gotong royong dan kolaborasi, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengawasan dan pelaksanaan Pemilu.

“Saya mengajak semua pihak, terutama para pemilih, untuk mendukung proses ini dengan memberikan masukan dan melibatkan diri secara aktif,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan simulasi tersebut, Ketua KPU Parepare, Muh Awal Yanto, beserta jajaran, Forkopimda Parepare, Kepala Badan Kesbangpol Parepare Rustan Asta, Bawaslu Parepare, utusan partai politik, dan stakeholder terkait.(rud)

  • Bagikan